Tips Merawat Furniture Kayu Agar Awet

Tips Merawat Furniture Kayu Agar Awet
Furnitur kayu adalah aksesoris yang paling umum ditemui dalam rumah. Sebagian besar isi rumah kita terdiri dari furnitur yang berbahan kayu, entah itu kursi antik peninggalan nenek Anda hingga meja TV di ruang keluarga. Semua furnitur itu membutuhkan perawatan. Sebagian besar orang mungkin menganggap membersihkannya sesekali hanya dengan menggunakan lap atau pembersih debu sudah bisa menjaga furnitur tetap dalam kondisi dan bentuk yang baik. Namun, furnitur kayu sesungguhnya juga rentan terhadap suhu dan kelembaban udara sehingga perawatan yang khusus juga perlu dilakukan. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk merawat furnitur kayu kesayangan Anda:

Membersihkannya dengan cairan sabun berbahan ringan
Siapkan air hangat yang dicampur dengan sabun pencuci piring atau detergent berbahan ringan dan tanpa amonia untuk mengusap furnitur dengan kain atau lap. Jangan gunakan sabun dengan kandungan kuat atau yang cenderung murah karena malah akan merusak kayu. Membersihkannya dengan air tidak akan merusak kayu, namun pastikan jangan sampai terlalu basah. Gunakan sikat gigi bekas untuk area yang susah dijangkau. Usap permukaan untuk menghilangkan debu dengan kain hingga bersih. Kemudian usap lagi dengan kain kering untuk menghilangkan kelembaban.

Paste Wax untuk finishing yang berkilau dan tahan lama
Setelah membersihkannya dengan kain basah dan sabun, cara paling ampuh untuk melindungi furnitur Anda adalah dengan menggunakan paste wax atau pasta lilin berkualitas baik yang bisa Anda dapatkan di toko bangunan atau toko perlengkapan rumah tangga. Oleskan lapisan tipis paste wax pada permukaan kayu. Tunggu 5 menit, lalu usapkan dan ratakan dengan menggunakan sikat atau kain secara ringan. Tunggu 30 hingga 60 menit, lalu usap kembali dengan sikat secara lebih kuat. Anda akan mendapatkan hasil akhir yang berkilau dan tahan untuk beberapa bulan pada furnitur Anda.

Hindari paparan sinar matahari secara langsung
Ingat, paparan sinar matahari secara langsung tidak baik untuk segala jenis furnitur. Suhu matahari yang masuk melalui jendela dapat mencapai hingga lebih dari 35° Celcius. Itu mampu untuk mengelupas, melunturkan, dan merusak permukaan kayu secara perlahan, serta membuat bagian dalam kayu kering dan retak. Jauhkan furnitur Anda dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan juga dari alat-alat pemanas seperti perapian, kompor, maupun oven yang menghasilkan energi panas. Udara yang panas akan menyebabkan kayu kering dan menyusut. Jika memungkinkan, gunakan pengatur kelembaban (humidifier) pada musim panas untuk membawa kelembaban level 40 hingga 45 persen.

Selalu perhatikan suhu dan kelembaban
Gunakan tatakan atau pelapis apapun untuk meletakkan gelas atau wadah yang berisi minuman atau makanan Anda yang panas maupun dingin. Gelas kaca yang bersentuhan langsung dengan permukaan kayu akan meninggalkan mengubah warna maupun tekstur permukaan. Suhu dan kelembaban adalah hal yang esensial untuk menjaga ketahanan furnitur Anda. Kayu akan mengembang meresap kelembaban dan juga menyusut jika terkena suhu tinggi.

Membersihkan noda pada permukaan kayu
Ada beberapa cara untuk menghilangkan noda pada furnitur akibat bekas gelas kopi atau makanan panas yang menempel pada permukaan. Cara paling mudah adalah menggunakan pasta gigi yang dicampur dengan baking soda atau minyak goreng yang dicampur dengan abu gosok untuk membersihkan noda pada satu titik tertentu. Anda bisa mengusapkannya dengan jari untuk area kecil dan dengan kain untuk area lebih luas. Cara lainnya yang tak kalah ampuh adalah dengan meletakkan kain atau lap lembut pada titik noda lalu menyetrikanya secara perlahan selama 10 hingga 20 detik dengan pengaturan medium. Gerakkan setrika dan cek hasilnya beberapa kali. 

Gunakan cara pintar dan sederhana untuk mencegah kerusakan jangka panjang
Rawat bagian lainnya dari furnitur yang tampak baik-baik saja, yang sering kali tidak dihiraukan dan akhirnya malah membuat kerusakan menyebar. Gunakan formula sederhana buatan rumah yang dapat Anda buat sendiri untuk menutupi kerusakan minor. Minyak lemon dan minyak zaitun dianggap sebagai ramuan pemoles yang bagus.

Serahkan pada yang ahli
Merawat dan melakukan perbaikan ulang terhadap furnitur lama oleh diri Anda sendiri mungkin lebih murah dan terasa menyenangkan ketika hasilnya memuaskan. Namun, ada baiknya jika Anda meminta saran kepada orang yang ahi dan paham tentang furnitur. Memoles furnitur adalah pekerjaan khusus yang membutuhkan banyak perawatan. Jika Anda begitu peduli dengan furnitur Anda, lebih baik biarkan yang ahli melakukan perawatan dan pemolesan setahun sekali. Hal ini memang akan memakan lebih banyak biaya. Namun melihat lama ketahanan hasil perawatan yang bisa bertahan bertahun-tahun, ini malah dapat menjadi inestasi yang bagus.

Merawat furnitur kayu sesungguhnya tidak terlalu berat jika Anda melakukannya secara rutin dan berkala. Furnitur kayu memang tak pernah ketinggalan jaman. Keindahannya akan selalu abadi, meskipun itu dibentuk menjadi bergaya klasik maupun modern. Meterial kayu pada penyusunnya memberikan sentuhan alam yang cocok diterapkan pada rumah bergaya apapun.