Tips Menyambut Bulan Puasa Di Rumah

Tips Menyambut Bulan Puasa Di Rumah
Tak terasa bulan Ramadhan sudah tiba. Bagi umat Muslim, Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti. Tak hanya persiapan hati, banyak persiapan lainnya yang harus Anda pastikan untuk menyambut bulan puasa ini.

Mulai dari persiapan hati, fisik, mental, keuangan, dan tentu saja lingkungan rumah Anda dilakukan agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Untuk menghemat energi saat berpuasa, orang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di rumah mereka selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu, mempersiapkan lingkungan rumah selama bulan Ramadhan juga sama pentingnya dengan mempersiapkan diri. Dengan diri yang siap dan lingkungan yang mendukung maka ibadah bulan Ramadhan dapat terlaksana dengan baik.

Apa saja yang memangnya perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan? Simak beberapa hal di bawah ini!

Membersihkan rumah
Jika lingkungan rumah Anda bersih maka ibadah puasa akan berjalan lebih lancar. Kegiatan bersih-bersih di bulan puasa memang cukup menguras tenaga, namun dengan tidak membersihkan rumah juga bukanlah solusi. Kalau bisa lakukan pembersihan sebelum ibadah puasa dimulai. Pembersihan yang dimaksud di sini adalah pembersihan dan penataan rumah secara lebih mendalam. Bersihkan dan rapikan ruang-ruang utama, seperti kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan ruang tamu. Angkat barang-barang yang berat dan bersihkan kotoran yang ada di bawahnya. Jangan lupa pula membersihkan area mushola jika Anda memilikinya di rumah. Di bulan Ramadhan Anda akan lebih sering menggunakan mushola untuk beribadah.

Mencuci benda-benda esensial
Cuci korden, sprei, urung bantal, dan semua benda-benda yang berbahan kain. Ketika bulan puasa, waktu terjaga Anda akan lebih lama. Anda tentu tidak ingin lebih sering menemukan benda-benda berbahan kain di sekitar Anda kotor dan bau. Jangan lupa pula memastikan semua peralatan ibadah Anda, seperti mukena dan sajadah telah bersih. Mukena dan sajadah yang kotor jelas akan menganggu konsentrasi beribadah.

Beri perhatian pada area makan
Salah satu yang paling penting ketika bulan puasa adalah area makan. Anda memang tidak makan dan minum dari pagi hingga petang, tapi ketika Anda bisa melakukannya pada waktu berbuka dan sahur, Anda mungkin menginginkan kegiatan tersebut berjalan lancar. Banyak keluarga yang melakukan “makan besar” beberapa kali ketika berbuka atau sahur. Oleh karena itu berikan perhatian lebih pada area makan, termasuk dapur dan ruang makan saat bulan puasa. Kalau Anda seorang istri juga pastinya lebih sering memasak hidangan-hidangan spesial yang memerlukan peralatan khusus. Bersihkan dan siapkan peralatan-peralan khusus memasak Anda agar lebih mudah digunakan.

Selain dapur dan ruang makan, Anda juga ingin agar ruang penyimpanan makanan Anda teratur. Saatnya mengatur isi kulkas dan pantry Anda. Buang makanan-makanan yang sudah berkualitas buruk atau expired. Ganti dengan yang segar dan baru. Tata dengan rapi peletakkannya agar Anda tidak kesusuhan ketika mengambilnya.

Mengatur keuangan
Tidak bisa dipungkiri kalau ketika bulan puasa harga kebutuhan sehari-hari selalu meningkat. Belum lagi ditambah keperluan untuk buka bersama bersama teman dan belanja pakaian baru. Oleh karena itu, bulan puasa juga merupakan saatnya untuk berhemat. Atur keungan Anda dengan membuat rencana anggaran.
Rancangan anggaran akan digunakan sebagai pedoman pengalokasian pendapatan bulanan Anda. Buatlah daftar anggaran yang bijaksana dengan memberi batasan maksimal untuk masing-masing pengeluaran. Selain untuk diri Anda sendiri, anggarkan juga dana untuk membeli parcel, kartu ucapan, atau cendera mata yang akan dikirimkan kepada teman-teman, rekan kerja, atau sanak keluarga saat lebaran nanti. Jangan lupa untuk pengeluaran zakat. Jika Anda sudah terbiasa membuat rancangan anggaran, khusus untuk bulan Ramadhan ini sebaiknya Anda sedikit mengubahnya karena akan terjadi sedikit perbedaan, seperti harga bahan pokok yang melonjak naik atau kebiasaan berbuka bersama.

Menjaga kesehatan
Puasa membutuhkan energi dan daya tahan tubuh yang tinggi karena Anda harus menahan makan minum selama kurang lebih 15 jam. Apalagi saat ini pandemi juga belum benar-benar berakhir. Oleh karena itu, Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Jaga kesehatan Anda dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:
  1. Perbanyak Makanan Berserat dan Air Putih.
  2. Selingi dengan Olahraga Ringan.
  3. Selalu Sempatkan untuk Tidur Siang.
  4. Tidak Berlebihan saat Berbuka.
  5. Memakan Makanan Berat setelah Salat Tarawih.
  6. Tidur yang Cukup.
  7. Mengkonsumsi Multivitamin.