Tips Mendekorasi Meja Untuk Momen Lebaran Yang Meriah

Tips Mendekorasi Meja Untuk Momen Lebaran Yang Meriah
Lebaran sudah di depan mata. Momen yang wajib dan yang pasti dilakukan saat lebaran tiba adalah momen makan bersama. Pastinya semua yang merayakan lebaran akan sangat menantikan momen makan bersama ini. Apalagi kalau menunya adalah masakan khas lebaran seperti opor, gulai, dan ketupat yang lezat.

Selain menu makanan yang lezat, dekorasi meja makan sesungguhnya juga nggak kalah pentingnya. Dekorasi meja makan akan membuat suasana makan bersama jadi semakin meriah. Apalagi kalau Anda akan akan mengundang banyak tamu dari kalangan keluarga dan teman. Meja makan yang bernuansa lebaran akan membuat momen lebih berkesan dan layak untuk diabadikan.

Untuk Anda yang berencana mendekorasi meja makan bernuansa lebaran, coba lakukan beberapa tips dari KANA berikut ini:

1. Tetapkan center point
Center point atau titik fokus biasanya berupa vas atau dekorasi lainnya yang diletakkan tepat di tengah-tengah meja. Menentukan center point akan membantu Anda menemukan keseimbangan pada desain ruangan. Gunakan vas yang berukuran cukup besar, tapi jangan sampai tingginya menutupi pandangan. Anda juga bisa menggunakan dekorasi tempat lilin estetik.

2. Tambahkan bunga artificial
Tidak lengkap rasanya kalau vas yang menjadi center point di tengah meja kosong tanpa kehadiran bunga. Kalau tidak menemukan bunga segar, Anda bisa menggunakan bunga artificial yang sifatnya tahan lama. Isi vas Anda dengan bunga-bunga favorit Anda. Anda bisa memilih rangkaian bunga palet warna seragam maupun berwarna-warni.

3. Tambahkan ornamen emas
Selain identik dengan kemewahan, warna emas juga identik dengan perayaan bernuansa Timur Tengah. Kalau Anda melihat ruangan bergaya Maroko atau Timur Tengah, Anda pasti akan menemukan detail berwarna emas. Entah itu pada dekorasi, furniture, maupun cat dinding. Untuk meja makan Anda, gunakan dekorasi meja makan yang memiliki unsur warna emas yang berkulau. Ini akan menciptakan suasana makan yang semakin meriah dan mewah.

4. Hiasi dengan lampu lentera.
Lampu lentera merupakan salah satu dekorasi yang juga identic dengan Timur Tengah. Selain itu, lampu letera juga bisa memberikan kesan hangat yang nyaman untuk momen makan bersama. Letakkan lentera berukuran kecil sedemikian rupa agar tidak menggangu piring hidangan. Anda bisa meletakkannya di tengah-tengah samping vas bunga Anda.

5. Jangan lupakan unsur motif dan pola!
Bukan desain Timur Tengah kalau tidak ada motif dan pola yang meriah. Anda bisa menggunakan taplak meja atau placemat yang memiliki motif khas Timur Tengah. Selain sebagai elemen dekoratif, taplak meja dan placemat juga berfungsi untuk melindungi permukaan meja dari tumpahan makanan.

6. Gunakan peralatan makan unik
Ide lain yang bisa kamu coba untuk menata meja makan adalah pemilihan peralatan makan unik. Kamu bisa memilih beberapa peralatan makan yang memiliki daya tarik di meja makan. Peralatan makan yang Anda gunakan juga harus disesuaikan dengan makanan yang akan dihidangkan. Piring serta mangkuk saji, piring makan, gelas, sendok dan garpu bisa Anda tata sedemikian rupa layaknya table setting acara makan formal. Pilihlah alat makan yang terbaik, apalagi jika tamu yang Anda ajak makan bersama begitu spesial.

7. Atur posisi peralatan makan
Menata meja makan memiliki tantangan tersendiri. Jika tak pandai mengatur tata letak setiap peralatan makan dan hidangan yang disajikan, hal ini bisa membuat meja jadi tampak penuh dan tidak cantik. Apalagi kalau di atas meja tidak hanya makanan saja, melainkan ada juga dekorasi meja. Untuk itu, sangat penting mengatur posisi perlengkapan makan yang baik agar memberikan kesan hidangan yang disajikan begitu menggoda.