Kalau kamar sekadar nyaman, pasti semua orang banyak yang memiliki. Tapi kalau kamar yang nggak cuma nyaman tetapi juga estetik, pasti jadi impian kebanyakan orang. Bayangkan saja memiliki kamar estetik di mana setiap sudutnya sangat Instagram-able sehingga Anda bisa mengambil foto ruang ala-ala Pinterest kapan saja. Apalagi kalau kamar estetik tersebut adalah hasil Anda sendiri dalam menata dan mendekorasi. Tentu ada kepuasan tersendiri bisa turun tangan langsung mendekorasi kamar rumah.

 

Meski begitu banyak yang masih kebingungan dalam mendekorasi kamar. Wajar saja karena mendekorasi kamar selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, juga membutuhkan waktu, tenaga, dan keahlian. Kalau soal biaya, Anda bisa melakukan dekorasi secara bertahap sehingga biaya yang dikeluarkan tidak langsung besar. Sedangkan untuk caranya sesungguhnya tidak serumit itu. Apalagi kalau Anda ingin menerapkan kamar aesthetic yang berkonsep minimalis. Gaya favorit sejuta umat ini memang jadi andalan.

 

Untuk mendapatkan tampilan ruang kamar yang aesthetic bergaya minimalis, ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini tips mendekorasi kamar aesthetic versi KANA yang wajib dicoba!

 

1.       Tone warna natural dan terang

Pertama-tama Anda harus memastikan tone warna ruangan kamar Anda agar dominan warna natural dan terang. Ini salah satu ciri khas utama gaya minimalis. Biasanya palet warna didominasi dengan warna earth tone dan pastel yang tidak terlalu mencolok. Warna putih dan warna coklat dari material kayu juga menjadi opsi paling populer dalam ruangan bernuansa minimalis. Warna yang cenderung terang ini membuat ruangan tampak lebih lapang dan cahaya tampak lebih terang.

 

Pada cara ini Anda punya dua opsi untuk menerapkan tone warna natural, yang pertama adalah menerapkannya untuk base interior alias tembok dan dinding, atau opsi kedua adalah menerapkannya pada furniture dan dekorasi. Jadi kalau warna dinding ruangan bernuansa natural, Anda tidak harus menggunakan furniture yang tone warnanya natural juga, dan sebaliknya. Pilih salah satu yang diubah, atau Anda bisa menerakan tone warna natural pada keduanya asal Anda tetap memberikan satu sentuhan warna lain selain warna natural agar tampilan tetap seimbang.

 

2.       Furniture Kayu Minimalis

Untuk mendapatkan ruangan kamar aesthetic yang minimalis, gunakanlah furniture berbahan kayu yang modelnya tidak berlebihan. Kalau bisa pilih furniture kayu yang tekstur dan warna kayunya terlihat menonjol sehingga bisa memberikan nuansa alami yang kental. Furniture kayu dengan warna coklat muda adalah pilihan yang tepat. Kalau ruangan kamar Anda terbatas, gunakan furniture kayu yang desainnya ramping dan tidak memiliki terlalu banyak lengkungan. Anda akan menemukan furniture serupa pada ruangan bergaya Scandinavian dan Japanese yang juga berkonsep minimalis.

 

3.       Dekorasi dan galeri seni

Dinding ruangan kamar yang terlalu kosong bisa jadi membosankan. Supaya dinding ruang kamar tidak membosankan, berikan hiasan kamar aesthetic berupa lukisan, galeri foto, atau dekorasi dinding lainnya. Pilih pigura yang modelnya minimalis saja supaya tidak berlebihan, khususnya untuk ruangan yang tidak terlalu luas. Gunakan beberapa item dan susun dengan menyesuaikan ukuran masing-masing. Jangan gunakan satu item lukisan / pigura saja karena akan membuatnya tampak seolah-olah salah tempat. Anda bisa menggunakan lukisan printing atau galeri foto polaroid yang disusun berjajar.

 

4.       Tumbuhan hijau atau bunga

Kalau Anda melihat inspirasi dekorasi kamar di internet maupun Pinterest pasti Anda tidak akan melewatkan keberadaan tumbuhan atau bunga pada salah satunya. Tumbuhan dan bunga adalah tambahan detail yang sempurna untuk memberikan nuansa alami. Kalau bisa gunakan tumbuhan atau bunga yang asli pada meja atau pada depan jendela. Pilih tumbuhan seperti pakis-pakisan, monster, atau anturium. Kalau bunga, Anda bisa memilih sesuai selera Anda. Selain menambah estetika, tumbuhan dan bunga juga baik untuk kesehatan dan baik untuk suasana hati.

 

5.       Lampu hias bercahaya hangat

Iya tahu, ruang kamar Anda sudah memiliki lampu utama di tengah langit-langit ruangan. Tapi satu lampu tidaklah cukup. Tambahkan lampu meja di meja nakas samping ranjang Anda, lampu berdiri di salah satu sudut ruangan, atau mungkin lampu dinding yang merambat di tembok atas ranjang atau meja belajar Anda. Intinya, tambahkan lampu hias untuk menciptakan kesan hangat sekaligus dramatis ketika malam hari. Pilih lampu hias yang bercahaya hangat supaya suasana makin personal dan nyaman.

 

6.       Meja belajar lipat portable

Kalau ruangan kamar Anda terbatas dan tidak cukup apabila diberi meja belajar, maka pilihlah meja belajar lipat sebagai opsi pengganti meja belajar yang besar. Pilih meja lipat portable yang minimalis supaya bisa dengan mudah disimpan, dipindahkan, dan diguanakan di mana saja. Meja belajar lipat portable juga bisa digunakan untuk makan. Selain fungsional, meja belajar lipat portable juga bisa menjadi obyek foto yang tidak kalah estetiknya.

 

7.       Tetap rapi dan teroganisir

Tips terakhir yang paling mudah tapi terkadang malah yang sering terlupakan adalah memastikan segalanya tetap rapid an terorganisir. Sebaik dan secantik apapun desain dan furniture ruang kamar Anda kalau berantakan tidak ada gunanya. Pastikan Anda selalu mengatur semua posisi furniture dan barang-barang Anda sesuai tempat semula. Simpan barang-barang kecil Anda pada ruangan penyimpanan tertutup agar ruangan tampak bersih dan teratur. Jangan lupa juga rapikan atau kalau memang memungkinan sembunyikan kabel-kabel alat elektronik Anda dari pandangan. 


Nah kalau kamu masih bingung Furniture apa yang bikin dekorasi kamar makin estetik. Kamu bisa cek barang dekorasi di www.kanafurniture.com

Read other articles related