Sofa Kain VS Sofa Kulit, Mana Yang Lebih Baik?

Sofa Kain VS Sofa Kulit, Mana Yang Lebih Baik?
Perdebatan mana yang lebih baik antara sofa fabric (kain) dengan sofa kulit tampaknya tidak akan pernah berakhir. Baik fabric maupun kulit merupakan bahan yang paling umum dijadikan upholster atau pelapis bantalan furnitur. Setiap orang yang hendak membeli furnitur, khususnya sofa, dilema antara memilih sofa fabric atau sofa kulit pasti selalu terjadi. Oleh karena itu berikut ini beberapa hal yang bisa Anda jadi kan perbandingan untuk memutuskan mana yang Anda pilih.

Kenyamanan
Rasa kenyamanan dari sofa bervariasi tergantung dengan jenis, kualitas, serta bagian pendukung lainnya seperti cushion dan rangka. Namun meski begitu, secara keseluruhan, sofa fabric cenderung lebih nyaman dibandingkan sofa kulit karena beberapa alasan. Pertama, fabric cenderung lebih lembut dan hangat. Sedangkan sofa kulit lebih mudah menyerap panas. Seperti pada kursi mobil Anda ketika terpapar sinar matahari akan terasa panas dan lengket di kulit yang mana hal itu tidak nyaman. Kedua, karena sofa fabric secara umum lebih lembut dari sofa kulit, sofa fabric hadir dengan kondisi yang jauh lebih rapuh. Oleh karena itu, lebih berhati-hatilah dengan ini. Anda ingin fabric yang lembut, namun tidak terlalu lembut.

Tampilan
Meskipun sofa kulit juga bisa hadir dalam beberapa warna, sofa fabric secara umum masih jauh lebih bervariasi dari kulit, tidak hanya dalam warna tetapi juga motif dan tekstur. Oleh karena itu, sofa fabric menawarkan lebih banyak pilihan untuk Anda berkreasi dan bermain-main dengan dekorasi rumah Anda. Pilih sofa fabric dengan motif atau warna yang menyenangkan dan cerah untuk menarik perhatian, atau pilih warna netral yang menenangkan dan aman untuk memberikan keseimbangan.

Di satu sisi, sofa kulit memberikan kesan yang elegan karena kulit sejak lama sudah dianggap sebagai simbol yang megah dalam desain interior. Kulit juga memberikan nuansa tradisional dan klasik namun tidak ketinggalan jaman. Sofa kulit dipandang memberikan keindahan yang abadi. Meski tidak sebanyak sofa fabric, sofa kulit juga hadir dalam beberapa warna, seperti yang pada umumnya adalah coklat, hitam, khaki, terkadang hijau tua dan putih.

Ketahanan
Kedua material menawarkan beragam jenis dan kualitas. Ketahanan atau kekuatan dari keduanya bergantung pada kualitas tersebut. Namun, secara umum sofa kulit yang berkualitas paling tinggi cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan dengan sofa fabric dengan kualitas yang sama. Soal warna, sofa fabric juga lebih mudah kehilangan warnanya akibat penggunaan, pencucian dengan mesin cuci berulang kali, maupun karena umur. Sebaliknya, sofa kulit lebih tahan lama dan tidak memudar. Namun, sofa kulit juga tidak tanpa resiko. Sofa kulit juga rentan terhadap goresan. Sektika ia tergores maka bekas tersebut akan terus menerus ada.

Perawatan
Sofa fabric yang berkualitas tinggi tentu saja lebih mudah perawatannya dan akan bertahan lebih lama daripada fabric yang bekualitas rendah. Sofa fabric berkualitas rendah sangat sulit dibersihkan dan akan cepat ternoda, bahkan dengan menggunakan pembersih yang tepat. Ada kemungkinan pembersihkan malah akan merusak penampilan sofa. Jika dibandingkan dengan sofa kulit, sofa fabric membutuhkan perawatan yang lebih rutin. Sofa fabric lebih mudah meninggalkan noda serta menyerap debu dan bau. Oleh karena itu Anda harus lebih sering melakukan vacuum cleaning serta pencucian menggunakan mesin cuci secara berkala. Sedangkan untuk sofa kulit, Anda hanya perlu mengelapnya saja. Kulit sangat mudah dipelihara, karena bulu dan kotoran tidak akan tersangkut atau menempel di permukaannya.

Harga
Mungkin banyak yang mengira kulit lebih mahal dari fabric. Secara umum, fabric cenderung lebih murah dibandingkan dengan kulit berkualitas tinggi. Namun, bukan berarti fabric tidak hadir dalam kualitas yang baik. Fabric memiliki lebih banyak pilihan pilihan harga yang beragam, dari yang paling rendah hingga tinggi. Sedangkan kulit memiliki pilihan harga terbatas dan cenderung lebih mahal. Pada akhirnya, bahan kulit akan sama mahalnya dengan bahan fabric berkualitas tinggi. Strategi yang tepat adalah membandingkan harga dan fitur seperti kemudahan pembersihan, kenyamanan dan daya tahan. Saat membuat keputusan, pertimbangkan preferensi Anda sendiri.

Keamanan
Kulit merupakan salah satu bahan pelapis furnitur yang paling baik untuk orang-orang yang memiliki alergi atau masalah kulit. Kulit merupakan hypoallergenic, yang artinya bahan kulit aman bagi orang yang memiliki alergi. Tidak seperti fabric, kulit tidak menyerap dan mengumpulkan debu, bulu, tungau, maupun bau. Sedangkan untuk fabric, Anda harus melakukan perawatan dan pembersihan rutin agar sofa fabric Anda aman untuk keluarga Anda yang alergi. Namun meski begitu, sofa tidak mudah tergores. Itu artinya, jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, tidak perlu khawatir adanya goresan yang tampak.