Rumah Bergaya Maroko Ini Cocok Untuk Lebaran

Rumah Bergaya Maroko Ini Cocok Untuk Lebaran
Terletak di paling ujung utara benua Afrika dan berada di area perbatasan dengan Eropa membuat Negara Maroko kaya akan budaya yang begitu unik. Karena lokasinya berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik dan Laut Mediteranian, Maroko telah lama menjadi persinggahan berbagai budaya, peradaban, dan bahkan agama. Seperti halnya India di Asia, ibaratnya Maroko ini adalah India-nya Afrika. Dengan budaya dan tradisi yang kaya dan dipengaruhi oleh penduduk, gaya hidup yang diilhami Maroko menyerupai gaya hidup India. Sebuah negara di mana setiap momen kehidupan adalah perayaan dan keunikan yang berwarna.

Tidak mengherankan kalau akhirnya Maroko pun memiliki gaya arsitektur dan dekorasi interior yang kaya, semarak, dan beragam. Rumah bergaya Maroko banyak dipengaruhi oleh budaya Islam mengingat mayoritas penduduknya adalah Muslim. Namun, juga terdapat pengaruh Afrika dan Mediteranian pada rumah bergaya Maroko. Jika Anda melihat bangunan atau rumah bergaya Maroko, akan terlintas kesan Timur Tengah dengan sedikit sentuhan bohemian dan juga memiliki sedikit karakteristik rumah patai Mediteranian.. 

Apa saja karakteristik rumah bergaya Maroko ini?

Vibrant Colors
Palet warna yang digunakan dalam rumah bergaya Maroko sering kali merefleksikan nuansa dan tone warna gurun pasir atau laut. Warna-warna seperti coklat, oranye, merah, kuning, dan juga biru akan sering Anda temukan dalam rumah ini. Warna-warna yang lebih netral juga bisa digunakan, seperti krem dan putih. Biasanya warna netral digunakan untuk dasar ruangan.

Tapi, tidak semua warna yang berani harus ada di interior untuk menciptakan tampilan Maroko. Untuk pendekatan yang lebih modern, Anda selalu bisa menggunakan palet warna serba putih namun dengan memberikan warna pada struktur lengkungan (arches) pada rumah Anda. Gunakan pula ubin dekoratif khas Maroko yang berwarna-warni atau tambahkan kain, pelapis bantal, dan aksesoris.

Motif yang Unik
Rumah bergaya Maroko adalah segalanya tentang motif. Anda akan mendapatkan sedikit kesan bohemian dalam interior rumah bergaya Maroko. Seperti yang Anda tahu, gaya bohemian identik dengan motifnya yang unik dan beranekaragam, seperti tribal dan motif etnik. Sedangkan dalam interior Maroko, motif yang digunakan sering kali motif geometris dan mozaik. Kaligrafi dan motif Islami yang khas juga banyak ditemui dalam gaya ini. Motif bisa digunakan pada unsur dasar ruangan seperti karpet dan gorden, maupun pada unsur-unsur dekoratif lainnya seperti sarung bantal, selimut, dan dekorasi printing.

Lengkungan Ciri Khas Islam
Salah satu unsur yang paling ikonik dari rumah bergaya Maroko adalah lengkungan pada jendela, pintu, dan langit-langit, ciri khas arsitektur Islam. Bentuk arstiterkur tersebut banyak dipengaruhi oleh arsitektur Moor yang dapat ditemukan ditemukan di seluruh wilayah Arab dan Afrika Utara, dan Semenanjung Liberia. Beberapa karakteristik paling umum dari tampilan ini adalah bentuk lengkungan, kubah, dan ubin dekoratif. Gampangnya, bentuk lengkungan ini adalah yang sering Anda lihat pada banyak masjid di Indonesia.

Unsur logam
Logam adalah elemen penting dalam interior tradisional Maroko, dengan berbagai macam potongan dekoratif yang indah tersedia untuk aksesori rumah. Cermin logam, vas, lentera, ceret, dan baki hanyalah beberapa dari barang-barang logam yang indah yang menghiasi interior Maroko. Kerajinan logam tradisional Maroko dikerjakan langsung dengan tangan, membuatnya khas dan original. Sekelompok vas logam membuat fitur terinspirasi Maroko yang indah, dan nampan penyajian logam halus yang ditampilkan di meja kopi menghadirkan keunggulan khas Maroko pada gaya meja apa pun.

Mozaik
Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain. Mozaik adalah elemen lain yang menakjubkan dari desain Maroko. Ini adalah bahan yang sangat berguna untuk dapur atau kamar mandi, membawa detail halus, warna dan pola ke permukaan. Mosaik dapat digunakan pada lantai, dinding, atau sebagai permukaan dekoratif di meja kopi, bufet, atau panel dinding.

Ubin dan Batu yang Indah
Kompleksitas sudah merasuk pada desain maroko. Anda Akan banyak menemui detail-detail yang tak hanya tertuang pada elemen dasar ruangan, tapi juga pada unsur dekorasi. Salah satu unsur dekorasi yang banyak digunakan pada interior Maroko adalah ubin dan batu. Ubin dan batu memberikan sedikit unsur alami. Sangat menarik untuk melihat bagaimana elemen dekorasi fungsional yang sederhana dalam ruangan menjadi kaya dan klasik dengan ubin yang diukir dengan cermat.

Moroccan Riad
Riad adalah rumah tradisional Maroko yang dikarakteristikkan dengan adanya halaman atau kebun terbuka di dalam bangunan. Riad berasal dari bahasa Arab “riyadh” yang artinya kebun. Riad ini memiliki konsep yang hampir sama dengan arsitektur India yang juga memperkenalkan halaman terbuka di dalam bangunan. Halaman terbuka dalam ruangan atau Riad ini tak dapat dipungkiri merupakan elemen tradisional Maroko yang menjadi karakteristik desain Timur Tengah. Konsep Riad mengalami banyak perubahan seiring berkembangnya waktu. Riad tradisional biasanya memiliki kolam air mancur yang dikelilingi oleh tumbuhan untuk membantu sirkulasi udara. Sedangkan Riad yang lebih modern biasanya memiliki kolam renang, kolam, dan area bermain.