Tahukah Anda bahwa furnitur, khususnya sofa adalah barang paling mahal setelah rumah dan mobil yang seseorang beli dalam seumur hidupnya? Jadi wajar saja kalau kita perlu berpikir matang-matang untuk memutuskan pembelian sofa karena harganya yang tidak murah. Sebagian besar orang mungkin menganggap budget merupakan pertimbangan utama untuk memilih sofa. Memang benar yang utama, tapi bukan satu-satunya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang tak kalah pentingnya untuk Anda pertimbangkan sebelum membeli sofa.

1. Menentukan ukuran sofa
Bandingkan terlebih dulu ukuran ruangan Anda dengan ukuran sofa yang akan dibeli. Sofa yang terlalu besar bagi ruangan yang sempit jelas akan membuat kesan yang penuh dan sesak. Sedangkan sofa terlalu kecil untuk ruangan yang besar juga membuatnya tampak sia-sia. Jangan lupa juga periksa dimensi setiap pintu dan tangga yang harus dilewati sofa pada saat pengiriman. Jika akses terbatas, Anda mungkin bisa memilih sofa bergaya low back atau sofa dengan desain modular yang dapat dikiramkan dalam beberapa bagian.

2. Fokus pada kain pelapisnya (fabric)
Warna, bahan, serta motif dari fabric atau kain pelapis sofa sangat penting dalam menonjolkan gaya dari desain interior ruangan Anda. Entah Anda akan memilih warna terang, motif kulit hewan, motif berpola etnik, atau warna putih, pilihan Anda akan membawa perubahan yang signifikan untuk tampilan ruangan Anda. Selain itu, memilih kain pelapis juga harus disesuaikan dengan gaya hidup Anda. Misal jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, maka memilih kain pelapis berwarna gelap akan lebih baik. Atau jika Anda kurang memiliki waktu untuk mencuci, Anda bisa memilih kain pelapis berbahan kulit.

3. Investasi pada rangka yang bagus
Sofa merupakan investasi jangka panjang. Oleh karena itu sebaiknya Anda memprioritaskan kualitas rangka sofa sebagai pertimbagan utama karena rangka merupakan bagian penting dari sofa. Anda mungkin bisa mengganti bantalan maupun kain pelapis. Tapi jika Anda mengganti rangka itu artinya Anda membeli baru. Ada beberapa produsen sofayang memberikan jaminan seumur hidup untuk rangkanya. Bingkai kayu keras yang solid juga adalah pilihan yang baik, tetapi waspadalah terhadap papan partikel atau konstruksi logam.

4. Pilih sofa dengan bantalan yang tepat.
Meski bantalan sofa dapat diganti, tetap saja Anda juga harus memperhatikan isi dari sofa Anda. Bantal yang dilapisi bulu tebal memang nyaman, tapi bantal bulu menarik debu sehingga Anda perlu menepuk-nepuknya atau melakukan vacuum cleaning untuk membersihkannya. Sementara busa atau serat tambalan secara tekstur lebih merata dan dapat kehilangan bentuknya dari waktu ke waktu. Kami merekomendasikan kombinasi bulu dan busa untuk memberikan kenyamanan sekaligus struktur. Kombinasi yang tepat dengan mengisi bantal punggung dengan bulu, sedangkan bantal kursi dengan busa atau serat.

5. Warna netral atau warna terang?
Jika Anda adalah orang yang senang bereksperimen dengan desain interior Anda atau senang mengubah-ubah cat ruangan, sebaiknya pilih sofa berwarna netral yang akan cocok ditempatkan pada ruangan bergaya apapun. Sebaliknya, jika Anda tidak ingin mengubah-ubah gaya ruangan dan senang dengan ruangan yang bernuansa netral, maka sebaiknya pilih sofa dengan warna yang terang dan kontras untuk menonjolkan karakteristik. 

6. Lengan sofa berkontribusi dalam menciptakan kesan ruangan.
Lengan sofa selain untuk memberikan kenyamanan lebih juga berguna menciptakan gaya. Lengan sofa yang berbentuk melengkung biasanya lebih tradisional, sedangkan lengan sofa yang lurus memberikan kesan modern. Anda juga bisa memilih sofa tanpa lengan untuk ruangan yang sempit.

Beberapa tips di atas dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum Anda memasuko toko furnitur untuk membeli sofa. Satu hal lagi yang juga perlu Anda lakukan, yakni jangan segan-segan untuk mencobanya hingga Anda merasa yakin dan menemukan yang paling nyaman bagi Anda. Rasakan bagaimana sofa tersebut pada tubuh ketika Anda mencobanya. Apakah sofa terlalu tinggi sehingga kaki Anda kurang nyaman? Apakah lebar dudukan teralu sempit? Atau apakah sandaran kurang rata? Pada akhirnya, semua pilihan Ada di tangan Anda.

Read other articles related