New Classic: Cara Memadukan Unsur Klasik Dan Modern Pada Rumah

New Classic: Cara Memadukan Unsur Klasik Dan Modern Pada Rumah
Anda menyukai rumah klasik yang berkarakter dengan keindahan abadi pada tiap elemennya? Atau mungkin Anda suka rumah modern minimalis yang elegan dengan kesederhanaannya? Kalau begitu,  Anda harus bisa memadukan kedua konsep desain yang begitu berlawanan itu.

Rumah klasik memberikan kesan hangat dan perasaan nyaman dari gaya dan furniturnya yang mengingatkan akan masa lalu. Sedangkan rumah modern lebih memunculkan suasana lapang yang bebas karena desainnya yang bersih, minimalis, dan detail. Terkadang untuk memilih di antara keduanya bisa begitu sulit. Tapi, buat memilih kalau bisa mempertahankan keduanya? Karena ternyata kombinasi dari unsur klasik dan modern malah bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Beberapa orang mungkin menyukai dekorasi modern, tapi di satu sisi juga menginginkan sentuhan klasik atau tradisional. Yang sering terjadi biasanya orang-orang sudah terlanjur tinggal atau memiliki rumah bergaya klasik dan menginginkan desain rumah modern, tapi terlalu berisiko untuk melakukan renovasi seluruhnya. Menerapkan kombinasi antara desain klasik dan modern pada rumah adalah alternatif yang harus dicoba.

Ubah rumah Anda dari yang sebelumnya membosankan atau kurang teratur dengan kombinasi klasik dan modern melalui beberapa tips di bawah ini:

Seimbangkan Elemen Dasar
Sebelum memulai mendekorasi interior, tentukan dulu gaya untuk elemen dasar rumah Anda. Elemen dasar yang dimaksud ini adalah lantai dan dinding. Pastikan keduanya mengandung unsur yang seimbang. Kalau bisa jangan samakan gaya untuk dinding dan lantai Anda. Jika Anda sudah menggunakan gaya klasik pada lantai, hendaknya dinding menggunakan gaya modern, dan sebaliknya. Misalkan, atur warna cat dinding ruangan dengan warna terang polos seperti putih atau beige, dan lantai menggunakan bahan kayu atau batu yang tradisional.

Tentukan yang Dominan
Seimbang tidak selalu berarti kuantitas yang sama. Dalam hal ini, malah untuk menciptakan kesimbangan harus ditentukan yang dominan. Tentukan apakah Anda ingin ruangan Anda secara umum bergaya modern atau secara umum tradisional. Membuat satu gaya yang mendominasi itu penting karena Anda tentu tak ingin menciptakan ruangan yang segalanya tampak bertabrakan satu sama lain bukan? 

Ketika Anda sudah menemukan satu gaya yang dominan, Anda akan mendapatkan ruangan modern dengan sentuhan antik, atau ruangan tradisional dengan sentuhan kontemporer. Gaya yang dominan tadi akan melawan elemen atau dekorasi-dekorasi kecil yang berbeda gaya untuk memunculkan kesimbangan.

Harmoni atau Kontras?
Setelah memutuskan gaya yang dominan dari ruangan Anda, saatnya berakhir ke pertanyaan berikutnya. Anda ingin ruangan Anda memiliki tampilan yang harmonis atau kontras?

Jika Anda ingin menciptakan harmoni untuk tampilan yang lebih santai, pilih furnitur-furnitur yang tampak sama dengan bentuk atau warna yang hampir sama. Anda bisa bermain-main pada warna atau bentuk untuk menciptakan harmoni. Tapi jangan lupa untuk tetap memberikan kombinasi antara gaya tradisional dan modern.

Untuk menciptakan kontras, Anda bisa menggunakan furniture atau dekorasi dengan warna dan tekstur yang berani dan cenderung bervariasi. Misal, gunakan kursi kayu dengan warna kain pelapis busa berwarna warni, atau sandingkan kursi besi dengan meja kayu tradisional. Atau Anda juga bisa menggunakan meja besi dengan tatakan marmer yang modern dengan demkorasi vas atau lampu meja yang antik.

Sedikit Dramatis
Berikan sentuhan drama yang tak terduga pada ruangan dengan mencampurkan unsru dari kedua periode yang berbeda ini dalam satu pengaturan. Pilih kursi dan meja berbentuk geometris dengan kain bermotif berani dan funky, atau karpet berwarna terang yang melengkapi bagian dominan ruangan Anda. Akan lebih baik jika Anda memiliki lukisan seni yang berukuran besar dan unik untuk dipasang pada dinding ruangan Anda yang kosong.

Temukan Furniture yang Punya Unsur Kedua Gaya
Mencari furnitur yang cukup unik, yang memiliki unsur baik modern maupun klasik memang tidak mudah. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu pusing memadupadankan elemen-elemen dalam ruangan Anda untuk menciptakan nuansa klasik modern, Anda dapat langsung secara khusus mencari furnitur-furnitur yang memiliki dua unsur tersebut. Contohnya Sofa  Errikos dari ThemaHome ini yang cocok untuk ruangan Anda. Bentuknya yang unik, dengan sandaran siku bertekstur klasik dengan bahan suede yang mewah. Sedangkan warnanya yang biru royal yang eleganh memberikan kesan modern.