Mewujudkan Rumah Yang Kids Friendly Untuk Anak

Mewujudkan Rumah Yang Kids Friendly Untuk Anak
Keberadaan anak-anak pada rumah tentunya dapat semakin menceriakan suasana rumah. Namun tak dapat dipungkiri kalau keberadaan mereka juga dapat membuat kita merasa kewalahan, khusunya kalau anak baru saja bisa berjalan. Energi anak yang masih sangat tinggi membuat mereka begitu aktif rumah. Rumah menjadi area bermain untuk Anak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada anak Anda di rumah, ada baiknya Anda memperhatikan apa-apa saja yang ada dalam rumah untuk menjamin aktifitas anak aman dan nyaman. Berikut ini beberapa tips untuk menciptakan rumah yang ramah terhadap anak.

1. Sofa dengan bantalan yang tidak mudah dilepas
Anak senang bermain di atas sofa dan terkadang tanpa sadar menarik-narik cushion pada dudukan maupun sandaran sofa. Rekomendasi paling tepat untuk Anda yang memiliki Anak yang cukup aktif adalah dengan menggunakan sofa yang memiliki bantalan yang melekat menjadi satu dengan sofa. Sofa dengan bantalan yang bisa dilepas juga mudah bergeser ketika anak Anda bermain dengan cukup lincah di atasnya. Kalau Anda tetap ingin sofa yang bantalannya bisa dilepas, pertimbangkan menggunakan velcro untuk melekatkan bantalan agar tidak mudah digeser.

2. Lantai vinyl
Lantai kayu memang secara estetika indah dipandang, namun mudah tergores oleh furnitur yang bergeser secara paksa. Mempunyai anak kecil terutama yang sedang aktif-aktifnya artinya juga kemungkinan adanya barang-barang berserakan dan bergeser. Jika Anda ingin lantai yang aman terhadap goresan, pertimbangkan menggunakan lantai vinyl berkualitas baik. Lantai vinyl hampir mustahil untuk dirusak. Jangan khawatir, kini sudah tersedia banyak jenis lantai vinyl berkualitas yang tampilannya sangat realistis. Lantai jenis ini hampir bisa dijamin ketahanannya yang lama hingga anak Anda akhirnya beranjak dewasa. 

3. Cat semigloss
Melatih kreatifitas anak salah satunya adalah dengan membiarkan mereka berkreasi dengan tangannya. Menulis, meggambar, atau pun mengecat adalah kegiatan yang baik untuk anak. Papan tulis menjadi piliha yang tepat untuk mewadahi kreatifitas anak Anda, tapi terbatas. Ada kalanya anak Anda cukup merepotkan jika sudah mengotori tembok dengan coretan-coretan mereka. Gunakan cat semi gloss untuk kamar tidur atau ruang bermain anak Anda. Cat semi gloss dapat dibasuh dengan air sehingga mudah dibersihkan.

4.  Karpet ubin
Anak kecil dan karpet memang dua hal yang tidak cocok bersama. Tumpahan dan noda sangat rantan terjadi pada karpet jika Anda memiliki anak kecil yang sering bermain di atasnya. Jika Anda benar-benar menginginkan karpet, Anda harus mempertimbangkan menggunakan karpet ubin alih-alih menggunakan karpet bentangan yang lebar. Karpet ubin adalah karpet yang bentuknya ubin persegi sehingga harus disatukan terlebih dahulu untuk memasangnya. Jika ada sesuatu yang tumpah di karpet ubin, mudah saja untuk mengangkat dan membersihkan potongan karep persegi yang berukuran 45cm x 45cm dan membawanya ke pembersih kering untuk pembersihan yang tepat. Jika noda tidak keluar, maka Anda hanya perlu mengganti satu bagian itu saja.

6. Dinding ubin
Perlindungan yang lebih esktra untuk tembok adalah dengan memasang dinding berkeramik. Namun, tidak semua ruangan cocok untuk dipasang tembok berkeramik. Mungkin hanya kamar mandi yang paling tepat untuk diberikan tembok berkeramik. Selain untuk mencegah perusakan permukaan tembok akibat kelembaban yang disebabkan oleh air, memasang dinding berkeramik juga alternatif tepat untuk Anda yang memiliki anak kecil. Entah bagaimana, pasta gigi dan percikan air bisa di mana-mana ketika Anak mandi atau sekadar menyikat gigi.

7. Furniture dengan tepi melengkung.
Meskipun Anda tinggal di rumah dengan ruangan yang luas, anak Anda selalu bisa menemukan sudut dimana mereka bisa bermain-main. Benturan dengan barang sekitar tentunya tak dapat dihindari. Coba hindari kecelakaan-kecelakaan kecil yang bisa terjadi pada anak Anda dengan memilih furnitur yang bertepi tumpul atau tidak lancip. Menggunakan furnitur bundar atau melengkung menghindari benturan pada anggota tubuh anak Anda. Banyak pilihan furnitur berbentuk bundar yang bisa Anda pilih.

8. Ruang penyimpanan tertutup
Anda tidak akan pernah memiliki cukup penyimpanan saat memiliki anak, tetapi cara terbaik untuk menjaga mainan dan barang-barang agar tidak berserakan adalah dengan membuat penyimpanan yang tertutup. Pastikan Anda memiliki laci, kota-kota, dan penyimpanan jenis lainnya yang memiliki tutup agar tidak mudah dibuka anak Anda.  

9. Ruang bermain khusus
Jika Anda ingin anak Anda tidak mengambil alih ruangan sepenuhnya dengan barang-barang mereka, maka berikan mereka ruang tersendiri yang khusus. Ruangan khusus ini bisa berupa ruang bermain atau belajar yang mereka gunakan untuk berakvitas dan menyimpan barang-barang mereka. Anak-anak suka tetap dekat dengan orang tua mereka untuk waktu yang cukup lama, jadi memberi mereka tempat belajar dan bermain di mana mereka dapat melukis dan berkreasi akan ideal. Cobalah menggunakan bahan yang sangat tahan lama, seperti kuarsa, sebagai meja, karena akan banyak digunakan dan disalahgunakan.

11. Vanity yang menggantung
Memberikan meja vanity atau meja rias pada kamar mandi adalah hal yang lumrah. Namun, meja ini terlalu tinggi untuk anak Anda sehingga anak membutuhkan kursi jongkok atau tangga kecil untuk mencapainya. Oleh karena itu, meja vanity “melayang” adalah pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Kursi jongkok atau tangga kecil milik anak Anda bisa dengan mudah diselipkan di bawah meja vanity sehingga Anda tidak perlu khawatir akan jari kaki anda terbentur pinggiran kursi.