Apakah Anda baru saja meninggalkan sekolah atau kampus dan mulai beranjak menjadi seorang pekerja yang siap berkarir? Anda suatu hari pasti akan meninggalkan rumah atau kos-kosan di mana Anda menjalani hari-hari Anda sebagai pelajar. Atau mungkin Anda masih tetap tinggal di rumah Anda saat ini. Tidak masalah. Namun, tidak dapat dihindari bahwa Anda kini sudah beranjak dewasa. Tiba-tiba barang-barang di kamar atau rumah Anda, poster idola, warna sprei dan cat kamar Anda terasa “kekanak-kanakan”. Maka sudah saatnya Anda mengubah ruangan Anda menjadi lebih dewasa. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengubah ruangan Anda menjadi tampak lebih dewasa.

Foto atau karya seni pada dinding
Memasang lukisan atau gambar seni pada dinding akan membuat ruangan Anda tampak lebih dewasa. Asalkan bukan poster band atau film favorit Anda. Karya seni menunjukkan bahwa Anda sudah mulai memiliki rasa atau ketertarikan terhadap sesuatu yang memiliki nilai dan pemahaman yang lebih tinggi. Anda bisa menggantung foto atau gambar milik Anda sendiri, investasi pada karya seni yang lebih bernilai, atau dekorasi dua dimensi yang unik dari toko barang bekas. Foto atau gambar tidak perlu mahal.

Upgrade pencahayaan 
Anda tidak bisa menciptakan ruangan yang tampak dewasa tanpa adanya lampu. Satu lampu sentral tidaklah cukup. Kebutuhan akan penerangan yang cukup untuk ruangan tampaknya hanya orang dewasa yang lebih memahami. Pastikan ukuran lampu sebanding dengan besarnya ruangan. Berikan lampu yang bisanya memberikan impresi. Anda bisa memberikan dua pasang lampu pada dua sisi samping sofa, atau satu standing lamp di salah satu sudut ruangan.

Mulai rawat tumbuhan
Menjadi dewasa artinya Anda semakin mampu mendapatkan tanggung jawab lebih dan semakin peduli dengan masalah kesehatan. Memiliki tumbuhan adalah salah satu bentuk kepedulian Anda terhadap kesehatan Anda dan lingkungan Anda maupun itu artinya tanggung jawab Anda bertambah. Selain itu, keberadaan tumbuhan juga membawa estetika untuk ruangan. Tambahkan rerimbunan di sudut yang tidak terpakai di ruang tamu Anda, atau kebun mini di ambang jendela dapur Anda.

Sprei Putih untuk Kasur 
Kalau Anda pergi hotel atau vila, Anda akan selalu menemui sprei berwarna putih. Kamar tidur yang berkonsep modern juga hampir selalu menggunakan sprei putih. Sprei warna putih entah bagaimana membuat ruangan tampak lebih dewasa. Sifatnya yang bersih dan terang seolah-olah menyatakan bahwa Anda adalah dewasa. Mungkin karena warna putih cenderung rentan terhadap noda sehingga kesannya hanya orang dewasa yang mau berurusan dengan hal itu.

Lapisi dengan karpet
Karpet dengan motif dan pola yang mewah akan memberikan kesan elegan namun juga nyaman pada ruangan. Menambahkan karpet dapay menghasilkan nuansa hangat dan nyaman pada ruangan, dan mengubah ruangan menjadi area yang cocok untuk bersantau berjam-jam. Untuk menghindari agar karpet tidak malah membuat ruangan tampak tua, pilih warna atau pola masih sesaui dengan tone warna ruangan, atau pola elegan yang bisa menjadi pusat perhatian

Berikan gorden pada jendela
Jika jendela Anda kosong dan membosankan, segera pasang gorden. Gorden tidak harus panjang atau besar, meskipun itu dapat membuat ruangan tampak megah. Namun, memberikan gorden pada jendela adalah cara yang tepat untuk menambahkan tekstur pada ruangan. Anda tidak harus membeli gorden yang mahal, tapi juga jangan membeli yang terlalu murah. Pilih kain yang berat dan terasa mantap di tangan. Gantungkan gorden sedikit di atas lantai.

Investasi pada sofa
Jika Anda sudah dewasa dan cukup mampu, belilah sofa. Membeli sofa tidak hanya pertanda bahwa Anda sudah dewasa, tapi juga merupakan tindakan sopan terhadap tamu sehingga mereka bisa duduk dengan nyaman ketika bertamu ke tempat Anda. Sofa merupakan investasi jangka panjang. Jadi tidak ada salahnya menyisahkan uang untuk membeli sofa. Agar aman, pilih sofa yang berwarna netral yang bisa cocok untuk segala ruangan. Pastikan sofa tidak terlalu kecil maupun besar untuk ruangan. 

Rapikan tempat tidur setiap hari
Anda sudah bukan lagi anak-anak atau remaja harus selalu ditegur terlebih dahulu untuk membersihkan dan merapikan tempat tidur Anda. Kerapian merupakan salah satu indikasi dewasa atau tidaknya seseorang. Tentu saja tempat tidur yang berantakan juga secara tampilan tidak enak dipandang. Rapikan tempat tidur Anda setiap bangun tidur. Meskipun ini juga perkara kebiasaan, tidak dapat dipungkiri bahwa semakin bertambah umur maka Anda harus semakin bertanggung jawab dan teratur dengan barang-barang Anda sendiri.

Dekorasi rak buku
Alih-alih hanya menjejalkan buku-buku Anda di rak, ubah rak buku Anda menjadi ruang pamer mini dengan menambahkan detail menarik. Mengatur buku dengan warna atau tinggi, atau menyelipkan tanaman pot di antara dua buku. Anda dapat membuat ruang yang kurang dimanfaatkan ini menjadi eklektik dan menarik perhatian dengan mencampur dan mengatur hal-hal yang sudah Anda dapatkan di rumah Anda.

Read other articles related