Lakukan Cara Ini Untuk Membersihkan Tempat Tidur Dengan Ampuh!

Lakukan Cara Ini Untuk Membersihkan Tempat Tidur Dengan Ampuh!
Tahukah Anda kalau kasur tempat tidur Anda akan bertambah beratnya hampir dua kali lipat dalam sepuluh tahun karena akumulasi debu? Banyak juga kasur yang mengandung keringat, kulit mati, darah, urin, serta jamur dan lumut. Belum lagi dengan kemungkinan adanya kutu, tungau, atau serangga kecil lainnya yang membuat tubuh gatal-gatal. Tentunya saja tidak ada yang ingin punya kasur yang sekotor itu bukan?
 
Membersihkan kasur sangat penting khususnya pada lingkungan yang lembab seperti di Indonesia, di mana keringat dan kelembaban pada permukaan kasur tidak dapat menguap sempurna setelah Anda bangun dari tempat tidur. Apalagi kalau Anda memiliki anak atau hewan peliharaan. Akan besar kemungkinannya timbul noda dan kotoran pada kasur yang terlihat maupun yang tidak terlihat.
 
Normalnya Anda mungkin akan tidak akan mau lagi tidur di kasur yang seperti itu. Anda mungkin juga akan seketika mengecek apa yang ada di kasur.
 
Tapi tenang,  Anda tidak perlu gelisah. Lakukan saja beberapa cara di bawah ini untuk pastikan kasur Anda terhindar dari hal-hal di atas. Yang perlu Anda lakukan lakukan adalah menetapkan kemauan dan lakukan!
 
CARA MEMBERSIHKAN KASUR ANDA
Sebelum Anda membersihkan kasur Anda pertama-tama buka kasur dan lepaskan sprei. Sprei juga sama pentingnya. Periksa label produsen lalu cuci sprei pada mesin cuci dengan pengaturan terpanas yang diperbolehkan. Mencuci sprei dengan suhu panas akan membunuh kutu dan tungau. Setelah itu kita bisa berfokus pada kasur Anda.
 
1. Gunakan penyedot debu
Langkah pertama yang paling sederhana untuk membersihkan kasur Anda adalah dengan menggunakan penyedot debu atau vacum cleaner pada kasur Anda. Mulailah menyedot debu dari bagian atas kasur, kemudian beralih ke bawah dan bagian samping. Ulangi beberapa kali untuk memastikan semua debu terangkat.
 
2. Taburi baking soda
Baking soda atau Sodium Bicarbonate merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya menghilangkan noda dan bau. Baking soda dapat mengurangi bau keringat serta membuat keringat tidak terlalu asam. Kita mungkin tidak merasakan bau tubuh atau keringat kita sendiri. Namun, lama kelamaan bau tersebut dapat menumpuk dan menghasilkan aroma yang pekat. Taburi kasur Anda dengan baking soda dan gosok secara perlahan dengan sikat agar dapat merasuk ke dalam kain pelapis kasur di mana bau berada, Biarkan baking soda selama 10 menit sebelum kita beranjak ke langkah selanjutnya.
 
3. Ulangi sedot debu
Dengan menggosok baking soda ke kasur Anda, Anda membantunya menyatu dengan kelembapan dan minyak tubuh di lapisan teratas kasur. Menyedotnya untuk kedua kalinya akan menarik keluar baking soda yang membawa kelembapan dan penyebab bau tersebut.
 
4. Tangani noda sesuai jenisnya
Secara umum, noda pada kasur biasanya terdiri dari tiga macam, yakni darah, urin atau air seni, cairan tubuh lainnya. Seharusnya noda harus langsung dibersihkan seketika noda muncul. Tapi jangan khawatir, noda yang sudah lama juga masih bisa dibersihkan. Berikut ini beberapa cara penanganan noda sesuai jenisnya:

  • Noda darah yang mengering: Gunakan seperempat hidrogen peroksida (3%) yang bisa Anda dapatkan di Apotek. Campur dengan 1 sendok makan sabun cuci dan garam meja. Sebarkan secara perlahan pada noda dan biarkan kering sebelum menggosoknya.  Olesi noda yang masih tersisa dengan kain lap yang sudah dicelupkan pada campuran larutan hidrogen peroksida, putar kain hingga noda terangkat.(*Gunakan kain warna putih agar tidak ada warna lain yang tertinggal pada kasur).
  • Noda air seni: Anak kecil dan hewan peliharaan dapat meninggalkan kasur menjadi berantakan. Apalagi kalau mereka secara tidak sengaja mengompol di kasur. Air seni memang sedikit bandel, tapi bukan berarti tidak bisa dihilangkan. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas air seni. Pertama-tama, larutkan 3 sendok makan baking soda ke dalam hidrogen peroksida secukupnya dan tambahkan satu atau dua tetes sabun cuci piring. Bubuhkan campuran tersebut ke titik yang terkena. Jika noda tetap ada, tunggu hingga area kering lalu kocok campuran dari 3 sendok makan bubuk deterjen kering dan 1 sendok makan air untuk membuat busa kering. (*Jangan gunakan apapun yang mengandung pemutih beroksigen). Secara perlahan, oleskan pasta tersebut ke noda dan diamkan 30 menit. Gosok pasta yang sudah dikeringkan dengan sendok. Gunakan kalin lap putih yang sudah dicelupkan ke dalam hidrogen peroksida untuk menghilangkan setiap titik yang membandel. Terakhir, vacum area tersebut.
  • Cairan tubuh lainnya: Buka jendela sebelum Anda memulai. Dengan menggunakan kain putih, hapus noda dengan amonia rumah tangga tanpa ampas dan tanpa aroma. (*Jangan merendam kasur Anda) Bersihkan area dengan kain bersih dan lembab untuk mengangkat noda. Taburkan baking soda pada titik noda untuk menetralisir bau amonia dan menarik keluar kelembaban yang tersisa. Biarkan kering lalu lakukan vacum.

5. Membalik Kasur dan Ulangi Tahap 1-4
Keempat proses di atas masih mencakup permukaan kasur yang Anda tidur. Sekarang kbalik kasur Anda dan ulangi langkah 1-4 pada sisi sebaliknya.
 
6. Tutupi dan lindungi
Membersihkan kasur harus diakui bukan pekerjaan yang ringan. Oleh karena itu, setelah kasur Anda bersih, tutup kasurmu dengan pelindung atau penutup yang dapat dicuci. Kini ada penutup kasur yang terbuat dari bahan fabric yang nyaman, bahkan juga ada yang tahan air. Gunakan pelindung seperti itu agar kasur Anda lebih awet.