Ketahui Manfaat Dekorasi Rangkaian Bunga Di Rumah!

Ketahui Manfaat Dekorasi Rangkaian Bunga Di Rumah!
Kita tentunya senang kalau melihat bermacam-macam warna bunga yang indah, dan terharu ketika seseorang memberikan kita bunga. Kita semua juga tahu kalau bunga dan tumbuhan memiliki kekuatan untuk membuat orang bahagia. Bunga adalah simbol kecantikan, dan
tumbuhan adalah simbol dari alam. Keduanya dapat memberikan efek yang positif untuk tubuh kita. 

Tapi apa bunga sungguh-sungguh mampu memberikan pengaruh pada psikologis kita? Dan apakah bunga benar-benar memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental kita? Beberapa ahli yang terdiri dari dokter di Inggris telah membagikan beberapa fakta tentang bunga untuk Anda.

1. Bunga dapat meredakan kecemasan
Stres dan anxiety atau kecemasan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Meski banyak yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan kita, ternyata bunga juga bisa membantu meredakan stres dan kecemasan dalam jangka pendek. Hal ini benar adanya, terutama ketika Anda berada di situasi yang sedang sangat tertekan. Sebuah riset di tahun 2008 menemukan fakta bahwa pasien di rumah sakit merasa lebih tenang ketika ada bunga di dalam kamar inap mereka. Mereka juga cenderung lebih positif tehadap kesembuhan mereka dibandingkan pasien yang tidak diberi tumbuhan atau bunga.

2. Bunga membantu Anda cepat tertidur
Tidur yang berkualitas sangat penting untuk tubuh. Tapi, dimana peran bunga di sini? Ketika tidur, tubuh membutuhkan suasana nyaman yang mampu membuat tubuh Anda rileks. Wangi-wangian salah satu aspek yang dapat membuat tubuh rileks karena sifat aromaterapinya. Bau lavender terbukti dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah yang tentu akan membantu Anda rileks. Semakin Andai santai, semakin besar kemungkinan Anda tertidur lelap. Memang lavender tidak dapat menyembuhkan insomnia, tetapi aroma lavender bisa membantu Anda meringankan gangguan tidur jika itu digunakan pada rutinitas Anda sebelum tidur.

3. Bunga dapat meningkatkan memori
Tahukah Anda kalau mawar dapat mempertajam daya ingat Anda? Pada 2015, para peneliti melakukan percobaan yang sangat menarik, di mana para peserta pergi ke salah satu dari tiga kamar untuk menyelesaikan tes memori. Satu ruang diberikan wewangian aroma mawar, satunya lagi lavender, dan yang lainnya tidak diberi aroma apapun. Setiap peserta harus melihat serangkaian benda yang tersembunyi di sekitar ruangan dan mengingatnya. Proyek ini mencoba melihat bagaimana dampak berbagai aroma bunga terhadap memori masa depan. Dengan kata lain, seberapa banyak Anda bisa mengingat. Hasilnya, orang-orang di ruangan beraroma mawar mencetak skor tertinggi dalam tes ini. Ruang lavender mendapat skor jauh lebih rendah, mungkin karena efek wangi lavender yang malah membuat orang-orang terlalu santai dan mengantuk.

4. Warna dari bunga bisa mempengaruhi suasana hati
Kita semua mengaitkan warna dengan suasana hati yang berbeda. Merah bisa berarti cinta, kemarahan, atau bahaya. Kuning biasanya dikaitkan dengan kebahagiaan dan sinar matahari. Biru bisa menandakan ketenangan atau kesedihan. Hijau terkait dengan alam, itu lah mengapa memiliki banyak tanaman rindang di sekitarnya menciptakan lingkungan yang nyaman. Lebih dari itu, kita masing-masing memiliki hubungan pribadi dengan warna-warna yang berkaitan dengan memori tertentu, entah itu memori bahagia atau sedih serta dapat mempengaruhi emosi kita.  Seketika, memilih warna bunga menjadi keputusan yang besar dari apa yang Anda pikirkan! Tentu saja, ini karena bunga mampu menciptakan emosi atau perasaan tertentu pada siapa pun yang akan menerima bunga.

5. Bunga membantu Anda lebih produktif
Penelitian telah menunjukkan bahwa kantor dengan tanaman meningkatkan kinerja otak dan mendorong kreativitas. Memang kantor bersih mungkin terlihat mengesankan bagi orang yang lewat, tetapi mereka tidak menawarkan stimulasi visual bagi mereka yang harus menghabiskan sepanjang hari di sana, yang dapat berdampak pada produktivitas. Tidak hanya di lingkungan kantor. Penelitian juga menunjukkan bahwa menempatkan tanaman di ruang kelas dan ruang kuliah meningkatkan kehadiran. Ternyata memiliki tanaman di sekitar dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih perhatian di mana pun Anda berada! Merah berhubungan dengan konsentrasi dan perhatian terhadap detail, sedangkan biru dianggap sebagai cara yang lebih baik untuk mendorong kreativitas dan berpikir bebas. Jadi, jika Anda melihat banyak tanaman dengan warna yang sama di sekitar kantor Anda, atasan Anda mungkin mencoba memberi tahu Anda sesuatu!

6. Berkebun dan kesehatan mental
Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa 88% orang menyebutkan kesejahteraan mental dan kestabilan pikiran menjadi salah satu alasan untuk pergi ke taman. Termasuk di antara kegiatan berkebun seperti menggali, menanam, dan memangkas juga memberikan efek yang baik untuk pikiran. Bagi beberapa orang, memiliki sesuatu yang menggantungkan hidupnya pada mereka untuk bertahan hidup adalah tanggung jawab yang berharga nilainya. Berkebun juga merupakan kegiatan yang dapat Anda lakukan sebagai kelompok, seperti merawat kebun komunitas, dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga adalah cara yang pasti untuk meningkatkan suasana hati Anda.