Ini Rekomendasi Tumbuhan Indoor Yang Cocok Untuk Ruangan

Ini Rekomendasi Tumbuhan Indoor Yang Cocok Untuk Ruangan
Manambahkan tumbuhan hijau dalam rumah tak hanya berfungsi sebagai unsur penambah estetika, namun juga memiliki manfaat kesehatan. Tumbuhan mampu menyerap zat-zat di udara yang berbahaya bagi tubuh dan menggantinya dengan udara yang lebih bersih dan segar. Banyak beragam tumbuhan yang bisa dipelihara dalam ruangan dan memiliki perawatan yang mudah. Bagi Anda yang masih bingung ingin menambahkan tumbuhan apa dalam ruangan, simak beberapa macam tumbuhan indoor yang cocok untuk Anda di bawah ini:

1. Spiderplant
Bentuknya sulur daunnya yang menjuntai panjang seperti laba-laba mungkin adalah alasan tanaman ini dinamai demikian. Tampilannya yang tidak biasa akan menambahkan estetika dalam ruangan. Spider plant hadir dengan beragam jenis dan cocok digunakan untuk tanaman gantung. Spider Plant justru tumbuh dengan baik dengan pencahayaan matahari yang tidak langsung, membuatnya tepat untuk tanaman indoor. Spider Plant juga disebut-sebut mampu menyerap racun, bahan-bahan kimia, dan membersihkan udara.

2. Aloe Vera
Siapa yang tak tahu tanaman lidah buaya. Terkenal karena khasiat gel dalam daunnya yang mampu digunakan sebagai penumbuh rambut, perawatan kulit, dan penyembuh luka bakar. Selain manfaatnya untuk kesehatan, bentuknya yang unik dengan bagian runcing di sisi-sisi menghasilkan tampilan yang dramatis dalam ruangan. Lidah buaya menyukai suhu ruangan sekitar 25 derajat Celcius dan menyukai banyak sinar matahari. Hindari penyiraman yang terlalu sering karena tanaman ini menyukai tanah kering.

3. Sanseviera Snake Plant
Dikenal pula dengan nama Lidah Mertua karena bentuknya yang runcing pada ujungnya ibarat omongan tajam dari mertua, tanaman ini cocok untuk ruangan indoor. Tanaman ini bisa tumbuh tegak hingga dua meter dan sangat kerasa. Memiliki ketahanan yang tinggi membuatnya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk memperhatikan tanaman. Anda cukup menyiramnya sekali atau dua kali dalam seminggu dengan kadar air sekitar dua 25 hingga 30 ml per satu kali peniraman. Air yang terlalu banyak justru hanya akan mengundang bakteri dan penyakit. 

4. Anthurium
Tumbuhan indoor yang populer ini berasal dari Kolumbia, memiliki daun berbulu panjang berwarna hijau gelap dan menghasilkan 'bunga' berbentuk hati yang indah berwarna merah, merah muda dan putih yang dapat bertahan selama berminggu-minggu. Agar tanaman mekar, ia membutuhkan cahaya terang (tapi bukan sinar matahari langsung). Anthurium dapat tumbuh hingga tinggi 45cm. Tanahnya perlu dijaga agar tetap lembab di musim panas dan sedikit lebih kering di musim hujan. 

5. Jade Plant
Jade Plant juga dikenal dengan sebutan money plant atau tanaman uang karena daunnya yang kecil dan agak bulat. Dengan batangnya yang tebal, berkayu, dan dedaunan berbentuk oval, tanaman ini memiliki tampilan seperti miniatur pohon yang membuatnya sangat menarik untuk digunakan sebagai tanaman hias. Jade Plant membutuhkan paling tidak 4 jam lamanya menerima paparan sinar matahari langsung setiap harinya. Tanaman ini mampu menerima sinar matahari langsung, sehingga cocok diletakkan di depan jendela dapur atau ruang kerja.

6. Pachira Plant (Money Plant)
Sama seperti Jade Plant, tumbuhan ini juga dikenal sebagai money plant karena dalam budaya Tionghoa dipercayai mampu membawa keberuntungan. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 15 meter di alam liar. Meski begitu, tumbuhan ini populer sebagai tanaman indoor atau tanaman bonsai karena perawatannya yang mudah. Ini adalah tanaman yang tahan lama, sehingga bisa tumbuh berbagai kondisi. Karena pohon tropis ini tumbuh subur di dekat lahan basah dan rawa, ia menyukai tanah yang lembab setiap saat dan paparan cahaya yang tidak langsung. 

7. Devil’s Ivy 
Devil’ Ivy atau sirih gading sesungguhnya tanaman beriklim tropis. Namun, sudah mulai dinaturalisasikan di iklim-iklim tropis. Ini adalah salah satu tanaman hias yang paling populer tidak hanya karena terlihat bagus di rumah Anda, tetapi juga karena sangat mudah dirawat. Manfaat paling penting dari Epipremnum aureum adalah cukup efisien dalam membersihkan udara dari polutan, seperti benzena, trichlorethylene, xylene dan formaldehyde. Namun, kekurangannya adalah tanaman ini bisa beracun saat dicerna, terutama untuk hewan peliharaan Anda.

8. Monstera
Daya Tarik utama tanaman ini terletak pada aksen lubang dan sobekan-sobekan pada dunnya. Daun hijau Monstera Plant yang subur dan berlubang-lubang bisa memberikan keunikan tersendiri untuk ruangan, serta mampu tumbuh pas di ruangan mana saja. Bentuk daun yang unik ini ternyata juga mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari. Monstera Plant cenderung menyukai suhu udara yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

9. Peace Lily
Peace Lily cukup menjadi idola diantara tanaman yang memiliki ketahanan tinggi untuk ditempatkan di dalam ruangan karena memiliki bunga. Si cantik ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan ruangan. Peace Lily mampu bertahan di dalam ruangan dengan durasi yang cukup panjang, yakni hingga dua minggu. Tentu saja, jika ingin tetap ditempatkan di dalam ruangan, keluarkan tanaman ini dua sampai tiga hari sekali selama beberapa jam.

10. Rubber Fig
Disebut juga Rubber Plant atau Karet Kebo, tanaman ini aslinya dapat mencapai ketinggian hingga puluhan meter. Namun, karena tetap dapat tumbuh baik apabila rutin dipangkas dan dikerdilkan, tanaman hias ini tetap dapat dipelihara di dalam ruangan. Pesona utamanya terdapat pada daunnya yang mengilap, lembut, dan tidak disukai ulat. Untuk yang satu ini, tempat yang tidak terlalu terang dan sedikit menjauh dari bawah sinar matahari adalah salah satu kunci pemeliharaannya.

11. Dracaena Plant
Dracaena plant atau juga disebut Bambu rezeki Ribbon Plant merupakan bagian dari keluarga tanaman Dracaena. Dracaena terbilang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Meski begitu, tanaman-tanaman jenis ini tetap membutuhkan sinar matahari secara tidak langsung untuk pertumbuhan terbaiknya. Di samping jendela atau di sisi bukaan cahaya yang besar adalah tempat terbaik bagi Dracaena.

12. Boston Fern
Jika Anda mendambakan tanaman pakis berenda tetapi merasa tidak sanggup untuk merawatnya, maka Boston Fern atau Pakis Boston ini mungkin cocok untuk Anda. Tanaman ini telah lama populer dalam desain interior karena bentuknya yang canrik dan mudah dipelihara. Pakis Boston membutuhkan tempat yang sejuk dengan kelembaban tinggi dan cahaya tidak langsung. Saat Anda merawat tanaman pakis Boston di dalam ruangan, ada baiknya untuk memberikan kelembapan tambahan bagi mereka, terutama di musim kering.