Ini Alasan Kenapa Wajib Punya Reed Diffuser Di Rumah

Ini Alasan Kenapa Wajib Punya Reed Diffuser Di Rumah
Reed diffuser menjadi banyak digemari akhir-akhir ini. Tampaknya para ibu banyak yang menyadari pentingnya udara yang menyegarkan dan menenangkan di dalam rumah. Selain memberikan kesegaran, penggunaan wewangian dan aromaterapi seperti reed diffuser ini terbukti memiliki banyak manfaat lainnya. Diffuser sendiri adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah minyak esensial menjadi uap wangi atau aromaterapi. Sedangkan reed diffuser, seperti namanya, menggunakan stik kayu atau bambu untuk menyerap minyak aromaterapi dan menyebarkan wanginya ke seluruh ruangan.

Ada beberapa jenis diffuser yang biasa digunakan dalam rumah tangga, di antara lain diffuser keramik, diffuser listrik, dan reed diffuser. Namun di antara ketiganya, reed diffuser cenderung lebih direkomendasikan dikarenakan beberapa alasan. Berikut adalah beberapa alasan kenapa reed diffuser begitu bermanfaat:

Lebih Praktis
Lain halnya dengan diffuser keramik yang menggunakan panas dan lilin, reed diffuser hanya menggunakan stik kayu atau bambu. Diffuser keramik memiliki bentuk seperti pot berongga yang di dalamnya menjadi tempat untuk menaruh lilin. Nantinya, minyak esensial dan aromaterapi di atasnya akan menguap karena panas dari lilin. Ada pula jenis diffuser listrik yang juga banyak digunakan di rumah-rumah. Namun, diffuser listrik ini masih perlu tenaga listrik untuk menyalakan uapnya sehingga cenderung kurang praktis dan tidak bisa ditempatkan jauh dari sumber listrik.

Di antara kedua jenis diffuser tersebut, reed diffuser dianggap sebagai yang paling praktis dan mudah. Reed diffuser tidak memerlukan penghantar untuk mengeluarkan wangi dari aromaterapi. Cukup menggunakan wadah dengan stik kayu atau bambu yang akan menyerap wangi dan menyebarkannya ke seluruh ruangan.

Aman dan Ramah Lingkungan
Keunggulan lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah hemat listik. Reed diffuser tidak membutuhkan energi listrik untuk berfungsi karena ia hanya menggunakan stik kayu. Hal ini tentu saja membuat reed diffuser cenderung lebih hemat dan ramah lingkungan. Selain itu, reed diffuser juga cocok untuk para orang tua yang punya anak kecil karena tidak perlu listrik atau api. Cukup tempatkan di area yang tidak terjangkau anak-anak dan Anda juga tak perlu mengecek sering-sering pengharum ruangan alami ini. Reed diffuser ini adalah salah satu opsi paling aman di rumah. Wanginya juga bisa tahan berhari-hari bahkan hingga sebulan.

Wangi yang Tahan Lama dan Cenderung Lembut
Karena prosesnya yang natural, minyak aromaterapi yang ada di dalam reed diffuser cenderung lebih lama habisnya dibandingkan dengan reed diffuser jenis lainnya. Selai itu, wangi yang dihasilkan juga cenderung lebih lembut karena dihasilkan dengan cara penguapan yang alami, tanpa bantuan panas dan listrik. Kalau Anda tidak suka wangi yang terlalu kuat, reed diffuser ini adalah pilihan yang tepat.

Bisa Ditutup Jika Tak Ingin Digunakan
Ada yang menganggap kalau reed diffuser harus digunakan seterusnya seketika segelnya dibuka. Padahal hal ini tidak benar. Anda tetap bisa menutupnya kalau sedang tidak ingin menggunakannya. Tinggal angkat stik kayunya dan tutup kembali botolnya, maka minyak esensial yang ada di dalamnya tidak akan berkurang. Yang harus dipikirkan adalah cara menyimpan stik kayunya dengan tepat. Jangan meletakkannya di udara terbuka karena debu bisa menempel pada permukaannya. Simpan dengan lapisan atau wadah yang tertutup. Cara ini bisa membuat stik tersebut tetap awet.

Bisa Dijadikan Dekorasi
Reed diffuser yang dijual di pasaran biasanya hadir dengan kemasan dan wadah yang cantik. Hal ini dikarenakan reed diffuser diletakkan pada tempat-tempat yang mudah diakses dan dapat dijangkau pandangan. Ini yang menjadi alasan kenapa reed diffuser juga bisa digunakan sebagai dekorasi rumah yang tidak kalah cantiknya. Letakkan reed diffuser di samping meja, bersamaan dengan dekorasi vas atau bunga lainnya. Tentu sudut ruangan Anda akan tampil cantik sekaligus menyegarkan.