Ide Untuk Mengisi Dinding Interior Rumah Yang Terlalu Kosong

Ide Untuk Mengisi Dinding Interior Rumah Yang Terlalu Kosong
Furnitur Anda sudah lengkap dan tepat, tapi ruangan masih terasa seperti ada yang kurang. Mungkin karena dinding ruangan Anda sedikit,.. kosong? Dinding yang menyisakan ruang apabila dibiarkan kosong akan terasa seperti ada yang tidak lengkap. Terlalu kosong akan membuat kita merasa kewalahan. Mengisi dinding kosong dengan dekorasi atau galeri foto selain sebagai unsur estetika juga untuk menyeimbangkan komposisi dalam ruang. Lalu, bagaimana cara mengisinya?

Gunakan cat atau wallpaper yang ceria
Dinding dalam rumah pasti dicat memang. Namun, mengecat dinding sebagai sebuah aturan paling dasar dalam desain interior dengan mengecat dinding sebagai upaya untuk mengisi dan menegaskan ruangan adalah berbeda. Untuk menegaskan ruangan, cat dengan warna yang tebal, berani, dan terang. Anda juga bisa mengecatnya dengan variasi warna yang dikombinasikan, misal dengan melakukan gradien warna seperti gambar di bawah ini. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan wallpaper pada dinding. Wallpaper degan pola dan motif tertentu akan membuat dinding Anda tampak menonjol.

Ada baiknya kalau tidak menerapkan cat warna terang atau wallpaper pada seluruh sisi dinding ruangan. Mengaplikasikannya ke seluruh dinding juga bisa membuat ruangan terasa berlebihan. Terapkan pada satu atau dua sisi yang kosong. Maka dinding bercat yang terang ini akan menyeimbangkan kekosongan sisi dinding lainnya.

Tambahkan mural dinding
Upaya lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi kekosongan dinding adalah dengan menerapkan mural. Pada dasarnya mural hampir sama dengan cat dan wallpaper, yakni menggambar dan memberikan warna pada dinding. Hanya saja gambar mural sifatnya lebih memiliki karakteristik dan cerita. Seperti gambar di bawah ini, salah satu dinding diterapkan mural pohon kelapa yang kental dengan unsur tropis. Mural tersebut tampak menyatu dengan lantai kayu dan furniture yang ada.

Gantung karpet atau kain motif
Jika Anda tidak ingin berkotor-kotor dengan cat, Anda juga bisa memanfaatkan karpet atau kain berpola yang cukup lebar untuk ditempel atau digantungkan pada dinding Anda yang kosong. Kain motif entis atau karpet akan mengisi dinding kosong Anda dan membuatnya tampak menonjol seperti pada gambar di bawah ini.

Buat dinding galeri
Anda selalu bisa mengisi dinding kosong dengan galeri foto atau lukisan. Tidak perlu lukisan yang terlalu besar atau yang bernilai tinggi. Cukup foto keluarga atau karya seni yang Anda senangi. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri sesuai kreatifitasnya. Yang paling penting adalah bagaimana membingkai dan menyusunnya. Sebelumnya pernah kita bahas tentang tips menyusun galeri foto atau karya seni yang bisa Anda terapkan. Jangan hanya memasang satu bingkai saja karena akan sia-sia. Pasang beberapa bingkai foto pada satu sisi dinding.

Cermin
Selain foto dan lukisan, Anda juga bisa memasang cermin. Selain untuk mengisi kekosongan, cermin juga berfungsi untuk memberikan ilusi agar ruangan tampak lebih besar. Upaya ini cocok untuk mengisi dinding kosong tapi luas ruangan tidak terlalu besar. Anda bisa memasang cermin dalam berbagai macam bentuk sesuai selera. Cermin bundar lebar seperti gambar di bawah ini tampak cantik disandingkan bangkai kayu rendah dan pot tumbuhan.

Guntung dekorasi pahatan atau kerajinan di dinding
Selain hal-hal di atas, Anda juga bisa menggantung dekorasi jenis lainnya yang bermacam-macam bentuk, seperti piring hias porselain, anyaman, atau kerajinan tangan lainnya. Anda bisa menata piring-piring secara mengular mengikuti bentuk ruangan dan jendela.  Hasilnya, penataan tampak rapi dan tidak berlebihan meskipun mengambil ruang dua sisi dinding.

Gunakan rak gantung
Jika menggantung tampak membosankan, gunakan rak gantung. Dengan rak gantung, Anda tidak hanya bisa meletakkan bingkai foto atau lukisan, tapi juga bisa untuk meletakkan dekorasi tiga dimensi lainnya, buku, maupun vas bunga. 

Cukup isi satu sisi dinding saja
Kabar baiknya, Anda tidak perlu mendekorasi seluruh sisi dinding ruangan. Mendekorasi satu sisi dinding ruangan secara menyeluruh akan memberikan efek yang besar pada keseluruhan tampilan satu ruang. Setidaknya, sisakan satu sisi dinding di tiap ruang agar bebas dekorasi atau polosan,  dua akan lebih baik. Ini akan memberikan keleluasan ruang untuk mata Anda dan menghindari kesan yang penuh sesak pada ruangan.