Ide Desain Rak Kamar Mandi Untuk Ruangan Yang Sempit

Ide Desain Rak Kamar Mandi Untuk Ruangan Yang Sempit
Kendala bagi Anda yang punya rumah minimalis adalah keterbatasan ruang. Tak terkecuali ruangan untuk kamar mandi. Kamar mandi yang sempit membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup lapang untuk meletakkan peralatan mandi. Salah satu cara memaksimalkan penyimpanan di kamar mandi yang sempit adalah dengan menggunakan rak kamar mandi yang tepat seperti rak gantung di dinding atau rak sudut kamar mandi.

Ada beberapa jenis rak kamar mandi fungsional yang bisa Anda terapkan pada kamar mandi Anda. Rak kamar mandi ini tak hanya fungsional, tapi juga bisa menambahkan estetika ruangan. Berikut ini beberapa ide desain rak kamar mandi yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Rak di Atas Pintu
Kalau semua ruangan sudah terisi penuh, satu-satunya tempat yang bisa dimanfaatkan adalah area dinding di atas pintu. Area ini memang sangat jarang terpikirkan orang-orang. Padahal area di dinding di atas pintu adalah area yang strategis untuk meletakkan rak. Rak model seperti ini memang lebih tepat apabila digunakan pada ruangan dengan langit-langitnya tinggi. Apalagi kalau Anda dan keluarga memiliki tinggi badan yang cukup tinggi.

2. Rak di Bawah Wastafel
Meskipun wastafel Anda terpasang berdiri tanpa dilengkapi meja kabinet di bawahnya, Anda tetap bisa membuat ruang penyimpanan tersendiri. Anda bisa menambahkan rak atau meja terbuka di bagian bawah wastafel Anda. Ini bisa memaksimalkan ruang penyimpanan tanpa mengambil bagian ruang yang lainnya.

3. Rak Transparan Menggantung
Kalau memang area lantai sudah benar-benar penuh, Anda bisa memanfaatkan dinding. Gunakan rak kamar mandi yang menggantung pada dinding. Untuk membuatnya tampak lebih minimalis dan menghemat ruang, gunakan rak kaca yang transparan sehingga membuat barang-barang Anda seperti melayang. Rak kamar mandi yang transparan juga tidak membuat ruangan terasa lebih penuh sesak.

4. Rak di Atas Toilet
Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan rak kamar mandi di atas toilet duduk. Jarang ada orang yang memanfaatkan area di atas tolite ini. Kebanyakan dari mereka membiarkannya kosong begitu saja. Padahal ada juga rak - rak yang secata khusus didesain untuk setting tempatdi atas toilet. Anda bisa menemukannya banyak dijual di luaran sana. Kalau Anda tidak menemukan rak kamar mandi semacam ini, Anda bisa menggunakan rak gantung biasa, lalu pasang di atas toilet duduk.

5. Rak Built-In yang Terbuka
Rak terbuka memudahkan Anda untuk menjaga handuk dan perlengkapan mandi agar tetap rapi. Alih-alih menghabiskan tempat pada area lantai yang sudah sempit itu, Anda bisa memilih rak jenis built-in yang menyatu dengan dinding ruangan. Ini bisa membuat semuanya terasa lebih ringkas karena posisinya yang terselip dan terpisah dari lantai.

6. Rak Tunggal
Kalau Anda tidak suka yang berlebihan, gunakan saja rak kamar mandi tunggal. Kombinasikan gaya / estetika dan fungsi dengan rak sederhana yang bertengger di atas toilet untuk menghadirkan kehangatan dan gaya pada ruangan Anda.

7. Kabinet Cermin
Hampir di semua kamar mandi selalu dilengkapi dengan cermin dinding. Biasanya cermin ini berada di atas wastafel. Tak hanya untuk berkaca, cermin dinding ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Gunakan cermin yang memiliki ruang penyimpanan di baliknya. Cermin ini biasanya berbentuk cabinet yang apabila bagian muka cerminnya dibuka, akan ada rak-rak penyimpanan di baliknya.

8. Rak Sudut
Selain dinding, Anda juga memanfaatkan area sudut di kamar mandi. Memang terkesan sangat sempit, tapi nyatanya sudut ini juga bisa diubah menjadi penyimpanan yang estetik. Caranya adalah dengan menggunakan rak sudut kamar mandi yang bentuknya menyesuaikan sudut ruang. Rak sudut kamar mandi yang seperti ini akan menghemat ruang yang sempit.