Fungsi meja di rumah kalau bukan untuk meletakkan benda, ya untuk menyimpan benda kalau mejanya memiliki ruang penyimpanan. Masih banyak orang berpikir bahwa meja bukan sama sekali elemen dekorasi yang kehadirannya sangat berpengaruh pada keseluruhan tampilan ruangan. Memang banyak orang yang enggan mendekorasi meja dengan berbagai alasan, mulai dari malas, bingung, hingga ingin meja tetap fungsional sehingga lebih baik dibiarkan kosong. Padahal, memberikan benda dekorasi di atas meja adalah salah satu cara untuk meningkatkan estetika ruangan. 

Tidak ada salahnya bukan sesekali Anda mendekorasinya dan lihat bagaimana pendapat Anda. Secara umum kunci dalam mendekorasi meja adalah tahu unsur-unsur apa yang harus ada di atas meja Anda. Berikut ini beberapa komponen utama yang wajib ada untuk mendekorasi meja:

1. Sesuatu yang tinggi
Berikan unsur yang memiliki dimensi tinggi agar meja tampak memiliki level ketinggian yang bervariasi. Anda bisa menambahkan dekorasi meja apa saja asalkan memiliki bentuk yang cukup tinggi. Jika Anda tidak memiliki dekorasi yang tinggi, Anda bisa menggunakan vas bunga atau lampu meja sebagai elemen yang juga bisa memunculkan level. Berikan kombinasi tinggi pada beberapa elemen. Jangan seragamkan tinggi objek-objek pada meja agar tampak seimbang.

2. Benda-benda dekorasi
Berikan dekorasi-dekorasi dengan bentuk dan warna sesuai keinginan Anda. Resin, patung-patung kecil, atau keramik dapat Anda gunakan untuk mengisi meja kopi. Anda juga bisa menambahkan toples kaca dan asbak.

3. Tumbuhan atau bunga
Jangan lupa tambahkan tanaman dalam pot kecil atau bunga dalam vas untuk memberikan kesan segar dan alami. Selain untuk mempercantik ruangan, tumbuhan atau bunga hidup dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas udara.

4. Buku
Terlepas Anda gemar membaca atau tidak, buku atau majalah bisa menjadi unsur dekorasi yang estetik pada meja kopi Anda. Tambahkan beberapa buku dan letakkan secara ditumpuk. Anda  bisa menaruh dekorasi atau vas di atas tumpukan buku ini.

5. Nampan
Anda juga bisa menambahkan nampan untuk alas dari benda-benda di atas. Letakkan vas bunga, buku, atau dekorasi lainnya di dalam atau atas nampan. Menggunakan nampan sebagai alas dekorasi mempermudah memindahkan dekorasi jika sewaktu-waktu membutuhkan meja kopi. 

6. Sesuatu yang personal
Untuk semakin membuat tampilan lebih hangat, tambahkan benda-benda yang lebih personal misalnya figura foto atau boneka wol buatan Anda sendiri. Menambahkan benda-benda yang memiliki keterdekatan personal dengan Anda akan memunculkn karakter Anda pada tampilan meja kopi.

7. Lilin
Jika masih ada tempat, tambahkan lilin satu atau dua batang. Jika Anda memilh beberapa batang, pastikan ketinggian lilin dari masing-masing berbeda untuk menghasilkan variasi. Lilin juga dapat meningkatkan mood pada ruangan.

8. Unsur warna Emas
Kalau Anda ingin tampilan mewah yang instan, gunakan dekorasi dengan warna emas. Tidak perlu menyeragamkan semua menjadi warna emas, cukup berikan sedikit detail atau aksen warna emas pada dekorasimu.

Jika semua benda di atas sudah ada, Anda tinggal menyusunnya di atas meja kopi. Tidak ada aturan tertentu dalam menyusun dekorasi meja. Yang paling penting hanyalah memastikannya proporsisinya sesuai atau seimbang. Selebihnya Anda bisa menyusun sesuai selera dan rasa yang Anda inginkan.

Read other articles related