Cara Membuat Kamar Tidur Terlihat Lebih Luas

Cara Membuat Kamar Tidur Terlihat Lebih Luas
Ciptakan focal point
Setiap ruangan membutuhkan focal point atau pusat perhatian yang dapat menciptakan susunan beragam sehingga Anda tidak hanya melihat sekumpulan dekorasi yang itu-itu saja. Untuk kamar tidur, yang menjadi focal point biasanya adalah sandaran kepala ranjang atau headboard. Jika headboard ranjang Anda adalah yang jenisnya berlapis bantalan upholster, Anda bisa mengganti dan mengkreasikan pola atau warna sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa mengkombinasikan sarung bantal dengan warna atau pola yang berani.

Dalam mengatur ruangan yang sempit, mata Anda juga bisa tertarik dengan jendela. Daripada dua elemen ini saling berlomba menjadi pusat perhatian, lebih baik menggabungkan keduanya dengan meletakkan ranjang di depan jendela agar lebih kohesif. Atau beri dua elemen tersebut dengan sesuatu yang lebih netral, seperti korden atau sprei netral sehingga mereduksi daya perhatian dan membuat elemen lainnya lebih menonjol. 

Buat ruangan menjadi terbuka
Membeli ranjang dan kasur sebesar dan seluas mungkin tampak menyenangkan. Namun, menerapkannya pada ruangan yang sempit akan membuat ruangan terasa penuh sesak. Lebih baik pilih ranjang dengan fitur sederhana yang tidak membuat ruangan sesak, seperti memilih ranjang besi dengan rangka yang ramping serta headboard (papan sandaran) dan footboard (kaki meja) yang terbuka. Atau pilih ranjang tanpa footboard sama sekali, seperti platform atau storage bed. Melakukan ini akan membuat ruangan Anda tampak lebih terbuka dan lapang.

Lakukan saja
Ada dua cara untuk mengatur kamar tidur Anda yang sempit: Anda bisa membuatnya bernuansa gelap dengan tambahan aksen warna merah tertentu dan wallpaper atau dekorasi yang berpola meriah. Atau, Anda bisa memaksimalkan nuansa terang tembok bercat warna cerah seperti putih atau kuning dengan jendela berkorden terawang memungkinkan sinar matahari memenuhi ruangan. Kuncinya adalah jangan pernah menerapkannya setengah-setengah.

Pikirkan tentang ketinggian
Ingin kamar tidur tampak lapang dengan instan? Gantung korden atau aksesoris jendela dekat dengan langit-langit, maka perbedaan akan tampak dengan sekejap. Atau kalau tidak ada jendela, Anda bisa memasangnya pada sisi mengitari tempat tidur Anda sebagai dekorasi. Memberikan korden panjang dapat membuat ilusi ruangan lebih tinggi.

Buat langit-langit tampak tinggi
Salah satu penyebab ruangan tampak sempit adalah langit-langit atau atap yang rendah dan kelengkungan yang aneh. Memberikan warna putih pada langit-langit akan cocok untuk semua ukuran ruangan untuk memberikan kesan lapang. Namun jika dinding kamar Anda sudah berwarna putih, Anda bisa mengibah langit-langit kamar dengan warna atau pola bergambar yang lebih gelap. Cat atau berikan wallpaper yang berwarna lebih gelap pada langit-langit rumah untuk memberikan ilusi tinggi pada rumah Anda.

Pikirkan tentang storage
Selalu pikirkan storage atau ruang penyimpanan ketika mendekorasi kamar tidur yang sempit. Jika memungkinkan, gunakan meja nightstand dengan laci dan rak, serta install rak gantung di dinding atasnya untuk ruang penyimpanan tambahan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan ranjang storage yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya. Buat segalanya tetap terorganisir.

Tepian yang lembut
Ketika mendekorasi kamar tidur yang sempit, pilih furniture dengan tepian yang melengkung. Hal itu akan memakan lebih sedikit ruang pada lantai dan memperluas ruang jalan. Meja nightstand yang berbentuk setengah lingkaran atau ottoman dengan ruang penyimpanan tersembunyi adalah pilihan tepat untuk dekorasi kamar tidur yang sempit.

Tambahkan motif
Tambahkan pola atau motif untuk memberi lebih banyak pusat perhatian untuk mengalihkan perhatian pada suasan ruang yang sempit. Kain motif boho atau etnik pada selimut, atau dinding akan sangat cocok untuk menghiasi dinding warna putih.