Furnitur berbahan besi memang memiliki ketahanan dan kekuatan yang luar biasa. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki kekurangan. Furnitur berbahan besi juga menarik dan mengumpulkan debu semudah furnitur berbahan kayu atau plastik. Karat adalah musuh paling utama dari besi. Entah furnitur tersebut diletakkan pada indoor maupun outdoor, kemungkinan besi berkarat akan selalu ada. Melakukan perawatan furnitur besi secara berkala membantu Anda menghindari kerusakan yang diakibatkan karat. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat furnitur besi Anda.

 

Penutup furniture

Untuk menghindari perubahan cuaca dan hujan, gunakan sarung pelindung atau penutup untuk furnitur besi Anda, khususnya untuk furnitur outdoor. Anda bisa mendapatkan penutup yang khusus untuk furnitur di toko perlengkapan online maupun offline. Gunakan penutup yang terbuat dari bahan yang memungkinkan adanya sirkulasi udara (breathable). Jangan menggunakan penutup berbahan plastik seperti taplak meja atau perlak karena menjebak air, kelembaban, dan panas yang malah akan merusak besi.

 

Pilih sabun dan pembersih yang aman

Furnitur besi baik dibersihkan menggunakan kain atau spons yang dibasahi dengan sabun ringan atau pembersih tapa detergent. Kain dan spons digunakan karena tekstur dan permukaannya halus. Jangan gunakan sesuatu yang kasar dan abrasif untuk mengusap furnitur besi Anda karena bisa menimbulkan baret dan goresan. Untuk kotoran yang sudah melekat, gunakan pembersih jendela atau pembersih serba guna non-abrasif.

 

Baca buku manual

Selalu bacac buku manual untuk petunjuk penggunaan dan perawatan. Membaca buku petunjuk semakin menyakinkan Anda bagaiamana memperlakukan furnitur Anda. Kecuali Anda membeli furniture bekas.

 

Lakukan di luar ruang ketika cuaca cerah

Lakuan pembersihan di cuaca yang cukup cerah dan kering. Jangan ketika musim hujan. Jika furniture besi Anda memiliki lapisan upholster, lepas semua bantalan dan lapisan yang ada.

 

Air hangat dan sabun

Ambil air hangat yang cukup banyak sekitar 18 liter pada bak. Tambahkan 3 sendork sabun cuci piring.

 

Usap perlahan

Basahi dan celupkan kain atau spons halus ke dalam air hangat. Usapkan sabun dan gosok seluruh permukaan furniture. Selalu ingat untuk melakukan pembersihan ringan terlebih dahulu. Gosok permukaan seperlunya saja. Lakukan lagi jika masih dibutuhkan.

 

Lakukan lagi jika masih ada kotoran membandel

Jika masih ada kotoran yang tersisa di bagian yang tidak bisa dijangkau dengan kain, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian tersebut. Jangan menyikat teralu keras. Tetap lakukan secara bertahap sambil sesekali dibasuh dengan air sabun.

 

Ingat!

Bekas noda makanan dan kotoran burung harus dibersihkan sesegera mungkin. Mereka dapat sangat merusak dan menyebabkan pewarnaan permanen dan korosi.

 

Bilas

Bilas furnitur dengan air bersih. Jika masih ada kotoan yang belum hilang, bilas sambil gosok dengan kain atau spons.

 

Keringkan

Keringkan furnitur dengan kain atau lap bersih dan kering ke seluruh bagian.

 

Menghilangkan karat

Hilangkan titik atau area yang berkarat dengan sikat kawat hingga semua karat terlepas dan hilang. Untuk kasus karat yang lebih serius, Anda bisa menggunakan baking soda atau cuka.

 

Pelapis anti karat

Semprotkan pelapis besi anti karat yang bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan bangungan atau di toko online pada permukaan besi yang sebelumnya terdapat karat. Biarkan pelapis anti karat kering dengan sendirinya sesuai petunjuk pada kemasan. Jika sudah kering, Anda bisa mengecatnya kembali atau membiarkan sedemikian rupa.


Pasang Upholster

Pasang kembali cushion atau bantalan pada furniture Anda. 

Read other articles related