Tak bisa dipungkiri bahwa meja makan beserta kursinya adalah salah satu furniture utama pada ruangan yang menjadi fokus perhatian. Meskipun meja makan sangatlah fungsional, ketika tidak digunakan untuk makan meja makan bisa terasa begitu kosong. Meja makan yang terlalu kosong juga bisa membuat celah pada keseluruhan desain ruangan. Oleh karena itu untuk mempertahankan keseimbangan pada gaya interior, meja makan perlu diberikan dekorasi di atasnya.

Kali ini KANA akan memberikan beberapa tips mengisi dan menata meja makan yang mudah dan bisa Anda terapkan untuk rumah. Tak perlu khawatir, beberapa tips ini mudah dilakukan dan bisa diterapkan di mana saja.

1. Vas di tengah-tengah
Langkah pertama, mulailah dengan meletakkan vas di tengah-tengah meja sebagai pusatnya. Anda bisa memilih vas yang ukurannya cukup tinggi untuk mengimbangi level ketinggian dekorasi lainnya pada meja. Tapi, jangan sampai vas terlalu tinggi sampai menutupi pandangan. Pastikan juga dekorasi di sampingnya memiliki variasi ketinggian yang berbeda.

2. Tumbuhan, bunga, atau buah
Berikan sentuhan alami pada meja dengan tumbuhan untuk meningkatkan mood. Pilih di antara tumbuhan, bunga, atau buah. Tumbuhan dan bunga bisa Anda tempatkan pada vas di tengah. Untuk tumbuhan dan bunga, pastikan jumlah dan kombinasinya tepat. Jangan sampai terlalu banyak karena bisa membuat vas yang ukurannya tinggi tidak seimbang dan jatuh. Sedangkan kalau Anda sedang mempunyai buah-buahan, jangan lupa memajangnya di samping vas.

3. Nampan
Kalau Anda ingin meja makan yang tetap fungsional dan luas, Anda bisa menggunakan nampan untuk meletakkan vas dan dekorasi lainnya. Ini cocok jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan semua area meja makan karena Anda bisa langsung mengangkat nampan berisi dekorasi tersebut. Anda juga bisa dengan mudah memindahkannya lagi menggunakan nampan.

4. Lampu gantung hias
Mendekorasi meja tidak hanya berfokus pada apa yang di atas meja. Anda juga bisa memaksimalkan apa yang ada di atas meja, seperti lampu gantung. Pilih lampu gantung estetik yang rendah mendekati bagian atas kita. Opsi lainnya yang bisa digunakan adalah lampu gantung lilin atau chandelier. Gunakan lampu yang bercahaya hangat. Lampu meja ini akan membuat suasana ruang makan lebih personal dan nyaman.

5. Tambahkan placemat
Jangan lupakan placemat atau tatakan piring di atas meja makan Anda. Seperti fungsinya, placemat diletakkan di bawah peralatan makan agar permukaan meja terhindar dari panas dari piring atau gelas yang berisi makanan. Placemat juga berfungsi untuk melindungi meja dari bekas air dari gelas yang bisa membuat permukaan meja penuh bercak. Selain untuk melindungi meja, placemat juga sangat cocok digunakan saat momen menjamu tamu supaya penataan meja tampak lebih rapi dan cantik.

6. Karpet
Terakhir, jangan ketinggalan karpet untuk dasar meja makan. Menggunakan karpet di bawah meja makan bisa menegaskan layout ruangan. Selain itu, karpet yang memiliki detail dan motif yang cantik juga bisa menambahkan gaya dan estetika. Pastikan karpet ukuannya tidak terlalu kecil sehingga bisa mencakup semua area meja dan kursi makan, bahkan ketika kursi makan sedang digunakan. 
Read other articles related