Harga tanah dan rumah di Indonesia khususnya di kota-kota besar sangat mahal. Bagi Anda yang belum memiliki rumah yang besar, tak perlu tidak puas. Banyak cara yang bisa dioptimalkan untuk membuat rumah Anda senyaman mungkin. Bagi yang ingin membuat ruangan Anda terlihat lebih besar, ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Warnai atau beri wallpaper pada langit-langit
Cat atau berikan wallpaper yang berwarna lebih gelap pada langit-langit rumah untuk memberikan ilusi tinggi pada rumah Anda. Cat atau wallpaper yang digunakan sebaiknya masih satu konsep atau satu tema dengan warna ruangan agar tidak malah memberikan kesan berlebihan.

2. Berikan jarak antara furnitur dengan tembok
Berikan sedikit jarak antara dinding dengan furnitur Anda untuk memberikan ruang yang menciptakan ilusi lapang. Jangan buat furnitur Anda menempel langsung pada tembok karena akan malah membuat batas ruangan semakin sempit.

3. Gunakan warna yang terang untuk tembok dan dinding
Warna terang akan membuat ruangan tampak lebih cerah dan luas. Boleh saja menggunakan cat warna gelap asalkan tidak mengaplikasikannya pada seluruh sisi ruangan.

4. Pilih furnitur multifungsi
Karena ruangan Anda terbatas, maka sebisa mungkin gunakan furnitur atau barang-barang yang mutifungsi agar. Kalau memang memungkinkan, buatlah ruang penyimpanan rahasia. Atau misal gunakan kursi yang juga dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan.

5. Tambahkan kaca
Memasang kaca pada ruangan yang kecil dapat membuat ruangan tampak lebih besar. Hal itu karena pantulan kaca seolah-olah menampilkan ruangan lainnya yang lebih besar. Jika memang memungkinkan, gunakan kaca yang berukuran tinggi.

6. Bermain dengan warna monochrome
Jika tidak berani menggunakan warna pekat karena malah berisiko merusak  ruangan kecil Anda, mungkin monochrome akan tepat untuk Anda. Cat tembok Anda, rapikan,  dan detilkan dalam berbagai warna berbeda, seperti putih, abi-abu, krem (beige) untuk memperluas ruangan. Anda juga bisa mencoba untuk memadukan tembok putih dengan warna abu-abu pucat.

7. Ciptakan perspektif melalui jendela
Hilangkan tirai gelap dan biarkan jendela Anda terbuka agar memberikan perspektif lain pada ruangan. Trik ini juga mengecoh mata Anda untuk berpikir bahwa ruangan dalam Anda dalam dan menampilkan perspektif lanskap alam di luar. Jika Anda memerlukan priasi, cukup berikan korden putih transparan agar cahaya bisa tetap masuk.

8. Rak gantung dekat langit-langit akan menarik pandangan ke atas
Buatlah rak menggantung di tembok bagian atas dekat langit-langit ruangan Anda. Hal ini membuat mata orang yang memasuki ruangan langsung terpusat ke bagian atas rumah Anda. Selain itu, rak gantung juga menghemat ruang pada lantai.

9. Pilih furnitur berukuran besar yang sepadan
Mungkin Anda mengira ruangan kecil akan tepat apabila diisi dengan barang-barang yang kecil pula. Justru itu malah akan membuat ruangan tempak berserakan, apalagi jumlah barang yang tidak sedikit. Gunakan furnitur atau barang-barang yang cukup besar untuk mengisi satu ruangan. Misal, alih-alih menggunakan sofa kecil yang terdiri dari beberapa bagian, lebih baik langsung meggunakan sofa besar sekaligus asalkan masih sesuai dengan ukuran ruangan.

10. Motif garis memberi efek luas
Gunakan motif strip garis. Strip garis dipercaya dapat menciptakan ilusi panjang pada objek atau ruangan. Motif garis dapat Anda gunakan pada karpet atau sofa.

11. Gunakan furnitur yang “berkaki terbuka”
Pilihlah furnitur yang memiliki kaki terbuka. Furnitur semacam ini membuat ruangan tampak lebih besar karena masih menyisahkan ruang yang terbuka pada bagian bawah furnitur tersebut.

12. Ganti lampu langit-langit dengan beberapa lampu
Sebagian besar orang menggunakan lampu utama yang diletakkan di tengah langit-langit dalam satu ruangan. Coba gunakan beberapa lampu dalam satu ruangan dengan daya yang lebih kecil dan lebih mendekati objek yang ingin disinari. Misal gunakan table lamp pada meja, standing lamp di pojok ruangan dekat jendela, dan lampu gantung untuk bagian tengah. Pencahayaan yang tersebar membuat seakan-akan ruangan tampak lebih besar.

13. Jangan ikuti aturan
Kalau memang Anda punya cara lain yang lebih berani dan nyeleneh untuk membuat ruangan Anda tampak lebih luas, maka lakukanlah. Mungkin Anda  bisa mengganti sofa duduk Anda dengan sofa ayun, atau mengganti beberapa sisi tembok dengan kaca, atau memberikan pencahayaan yang terpisah. Itu semua tidak ada salahnya. Besar atau kecilnya ruangan tidak memperngaruhi keindahan atau nilai dari rumah Anda.
Read other articles related